Ingin THR-mu Lebih Bermanfaat? 5 Alternatif Berbagi saat Lebaran

Ramadhan merupakan bulan yang mengajarkan manusia untuk lebih sering berbagi kepada sesama. Setiap harinya, kamu menyisihkan uang untuk mengisi kotak amal yang diedarkan saat tarawih. Kamu pun lebih royal dalam hal memberi makan orang-orang yang kurang mampu, atau sekadar memberi tip lebih kepada tukang parkir atau sopir taksi. Menjelang hari raya Idul Fitri, kamu pun menerima THR. Kamu bersiap untuk menyempurnakan amalmu selama Ramadhan dengan membagikannya kepada orang-orang yang kamu anggap berhak menerimanya. Jika kamu sedang mencari cara untuk memberikan manfaat yang lebih besar dari THR-mu, lima cara dibawah ini bisa kamu coba:

  • Memprioritaskan Zakat Fitrah dan Fidyah

  • Kamu tidak perlu diberitahu untuk memberikan zakat fitrah setiap menjelang akhir Ramadhan. Akan tetapi, mungkin kamu perlu diingatkan untuk memberikan zakat fitrah dalam kualitas yang terbaik. Jika kamu memutuskan untuk mengeluarkan zakat dalam bentuk beras, berikan beras yang setara dengan yang biasa kamu makan atau bahkan lebih baik. Demikian juga jika karena suatu hal, kamu terpaksa tidak berpuasa dan harus membayar fidyah. Sementara tidak ada ketentuan khusus dalam hal ini, berikan makanan yang layak dan senilai dengan jatah uang makan siangmu. Kalau kamu tidak merasa berat untuk makan malam di tempat mewah, setidaknya kamu memberikan fidyah dalam kualitas yang mendekati, bukannya yang semurah mungkin.

  • Membeli Aset untuk Orangtua

  • Biasanya orangtua tidak berharap banyak dari anak-anak mereka, termasuk kamu. Kamu pulang dan merayakan Idul Fitri bersama mereka saja, mereka sudah akan senang sekali. Nah, jika THR-mu cukup besar, tawarkan untuk membantu keuangan orangtua. Barangkali kamu sudah terbiasa membayarkan pengeluaran bulanan mereka, kali ini kamu bisa melakukan hal yang berbeda. Cek lagi apakah mobil orangtua perlu dibawa ke bengkel, atau ada perabotan rumah yang perlu diganti. Memang membelikan baju Lebaran untuk mereka adalah solusi yang mudah bagimu, tetapi memberikan suatu hadiah yang membutuhkan pengorbanan lebih akan terasa dekat di hati.

  • Hadiah untuk Sahabat

  • Kadang sahabat agak terlupakan saat Lebaran karena kamu lebih fokus kepada keluarga dan kerabat. Sebenarnya kamu tidak perlu menunggu momen ulang tahun mereka untuk memberi hadiah. Apalagi di momen Ramadhan dan Idul Fitri ini, kamu bisa membelikan mereka buku-buku agama agar kalian bisa saling mengingatkan dalam kebaikan. Tidak sempat ke toko buku? Sisihkan uang untuk membeli pulsa dan teleponlah sahabat-sahabatmu. Adanya messenger membuatmu semakin jarang mengobrol langsung. Mereka pasti tidak mengira bahwa kamu tetap memikirkan mereka meskipun kalian sedang berada di kampung halaman masing-masing.

  • Tunjangan Hari Raya untuk Orang Lain

  • Hal satu ini harus ada di daftar pengeluaran THR-mu, karena jika tidak kamu hitung dengan baik, bisa-bisa THR-mu habis dalam sekejap. Selain salam tempel untuk adik dan keponakanmu, mungkin kamu ingin memberikan THR untuk orang-orang yang sudah berjasa di keseharianmu. Contohnya, office boy di kantor, asisten rumah tangga, dan lain-lain. Ada baiknya kamu menyediakan waktu untuk membeli suatu barang daripada memberikannya dalam bentuk uang. Barang yang bisa digunakan terus-menerus seperti mukenah atau Al-Qur’an, akan lebih berkesan. Barang-barang tersebut juga berpotensi ‘mengirim’ pahala kepadamu setiap kali digunakan.

  • Mendukung Wirausahawan Sosial dalam Mengurangi Kemiskinan

  • Tujuanmu berbagi sebenarnya hanya satu: kamu ingin orang-orang yang kurang mampu bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kamu rasakan. Akan tetapi, jika kamu bisa melakukan yang lebih, kamu harus mempertimbangkannya. Kamu sudah sering mendengar tentang kiprah wirausahawan sosial dan kamu mengagumi mereka. Hari raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk terjun langsung dan berkontribusi. GandengTangan telah memilih proposal dari para wirausahawan sosial yang berkomitmen dalam meningkatkan tingkat pendidikan, keahlian, atau ekonomi dari komunitas-komunitas di berbagai daerah di Indonesia. Memang kamu memberikan pinjaman dana – bukan donasi – tapi bantuanmu akan membantu masyarakat untuk lebih mandiri secara finansial. Dengan demikian, sama artinya kamu sedang berusaha untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Jika kamu ingin menyalurkan THR-mu melalui lembaga yang terpercaya, silakan cek profil GandengTangan di sini dan pilih proposal yang ingin kamu dukung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *