Potensi Ikan Hias Air Tawar untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

Memiliki usaha yang bisa membantu meringkankan beban kebuthan anda sehari-hari memang menjadi keinginan semua orang. Namun pernahkah anda berpikiran untuk menciptakan usaha yang mampu menciptakan skala yang besar. Kali ini artikel ini akan membahas mengenai bisnis ikan hias air tawar yang dapat menciptakan siklus perekonomian bagi anda dan lingkungan anda. Bagi anda yang memiliki ketetarikan dengan dunia ini, dapatkan aneka informasi menarik di bawah ini. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa ikan hias air tawar sudah cukup sering ditemui, pasarannya sendiri sudah cukup besar. Akan sangat menarik jika anda meliat peluang di bidang ini. Untuk jenisnya sendiri, ikan hias air tawar memiliki banyak ragam, berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang bisa menjadi pilihan bagi anda. Aneka variasi ikan inilah yang juga memiliki potensi-potensi untuk dibudidayakan. Cermati pembahasannya di bawah ini:

  • Ikan cupang

  • cupang
    Salah satu ikan yang cukup populer karena selain bentuk yang dan variasi warna yang banyak, harganya cukup ramah di kantong semua orang. Selain itu perawatannya juga cukup mudah. Ikan ini sering diadu untuk dicari siapa pemenangnya. Karena itu banyak yang berlomba-lomba untuk membudidayakannya.

  • Ikan arwana

  • arwana
    Ikan arwana memiliki ukuran yang lumayan besar dengan macam tipe corak di sisiknya. Ikan ini memiliki harga yang cukup mahal. Perawatannya juga cukup rumit untuk orang awam yang kurang memahami hal-hal perikanan.

  • Ikan guppy

  • guppy
    Ikan guppy berukuran sedikit lebih kecil dan coraknya lebih beragam dar semua warna. Ikan ini suka bergerombol sehingga banyak dipelihara dalam jumlah beberapa ekor untuk menghiasi kolam atau akuarium.

  • Ikan koi

  • koi hias
    Ikan yang mayoritas bermotifkan oranye ini memiliki harga yang cukup fantastis. Seringkali dipelihara di kolam-kolam dalam rumah ataupun luar rumah. Ikan ini memiliki keunikan tersendiri bagi pemiliknya. Mereka rela membayar sampai puluhan juta untuk memelihara mereka.

Menyejahterakan perekonomian masyarakat:

  1. Pembudidayaan ikan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat

  2. taraf hidup masyarakat
    Seperti yang kita ketahui bahwa dunia perikanan memiliki pasaran yang cukup baik. Tentunya hal ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang mencari pilihan usaha. Ketika anda memiliki perikanan sebagai bisnis anda, jangan hanya berfokus untuk menjual ikan-ikan hasil usaha anda. Pertama anda harus membuat ikan-ikan yang ada di kolam anda memiliki kualitas yang baik, barulah anda memikirkan hasil yang akan diperoleh. Bagaimanapun juga yang terpenting adalah membuat konsumen anda percaya bahwa anda menghasilkan ikan-ikan yang berkualitas. Dengan begitu anda bisa menciptakan siklus ekonomi yang stabil.

  3. Menaikkan sektor perdagangan ikan hias

  4. cermati-pasar
    Tahukah anda bahwa saat ini makin banyak bermunculan komunitas-komunitas yang memersatukan para penyuka ikan hias. Nah hal inilah yang bisa anda manfaatkan juga. Pasaran ikan hias memiliki peminat yang tak sedikit. Anda bisa menaikkan perdagangan ikan hias di lingkungan anda.

  5. Menciptakan daerah wisata

  6. pariwisata
    Ketika anda membawa lingkungan anda untuk membudidayakan ikan hias, tentunya akan menjadi sebuah hal menarik untuk dikunjungi. Dalam satu lingkungan terdapat banyak pengusaha ikan hias yang membudidayakan ikannya di daerah tersebut. Suatu hal baru yang cukup unik bukan?

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai hal-hal menarik yang bisa anda peroleh dari berbisnis ikan hias air tawar. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi anda ya. Semangat dan salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *