Walaupun Ikan Hias Air Laut Berpotensi Mensejahterakan Nelayan, Tapi Ada Juga Rintangan yang Harus Dilalui

Sebagai negara yang memiliki luas perairan yang besar sudah selayaknya membuat Indonesia menjadi negara yang berintegrasi dan bersumber daya aneka hasil kelautan. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat Indonesia di daerah pesisir memilih pekerjaan sebagai nelayan. Mereka akan melaut pada malam hari dan kembali pada saat matahari sudah menampakkan sinarnya. Pastinya anda yang memiliki tempat tinggal di daerah pantai akan mengerti bagaimana kegiatan para nelayan di sana. Namun saat ini jika nelayan hanya bergantung pada hasil penjualan ikan pada para tengkulak atau agen ikan di pasar ikan tentunya penghasilan mereka tidak akan mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Oleh karena itu mereka harus melihat peluang lain dalam hal ini. Seperti salah satunya adalah membudidayakan ikan-ikan hias yang memiiki nilai jual tinggi.

Meskipun hal ini membutuhkan tekad, modal dan keyakinan tinggi, sudah banyak wirausahawan dalam bidang ini yang berhasil. Bagaimanapun juga usaha membudidayakan ikan hias memang sudah menjadi salah satu kegiatan utama masyarakat pesisir. Dalam mengembangkan usaha ini, anda harus memiliki pengetahuan untuk merawat serta mengembangbiakannya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika berusaha ikan hias air laut. Beberapa hal tersebut bisa anda baca di bawah ini:

ikan laut
Yang pertama, ikan hias air laut butuh perawatan yang serius. Banyak yang mengeluh ketika pertama kali merawat ikan hias air laut, mereka mudah stres, sulit beradaptasi dan juga sulit dipelihara. Namun jangan khawatir, tentunya anda akan belajar dan mulai mengerti bagaimana cara merawat ikan hias air laut tersebut. Seiring berjalannya waktu anda akan memahami bagaimana memperlakukannya. Jangan ragu untuk menanyakannya kepada pihak yang memahaminya terlebih dahulu.

akuarium
Kedua, ikan hias air laut membutuhkan tempat yang luas. Entah akuarium atau kolam, ikan hias air laut tersebut membutuhkan tempat yang luas untuk tempat hidupnya. Tentunya akan sangat membingungkan bagi mereka jikalau tempat yang mereka tempati sekarang sangat kecil. Apalagi jika anda memelihara lebih sari satu ikan. Misalnya saja ketika anda menyatukan ikan badut (clownfish) atau Ikan giru dan yang dikenal juga dengan ikan badut termasuk sub-keluarga Amphiprioninae dalam keluarga Pomacentridae yang bisa anda satukan dengan jenis ikan lainnya. Hal ini penting untuk tetap menajga kedamaian mereka. Bayangkan jika tempat yang anda sediakan terlalu kecil, tentunya akan membuat ikan-ikan anda mudah depresi dan akhirnya mati.

terumbu karang
Ketiga, terumbu dan hiasan laut lainnya. Bagaimanapun juga ikan laut lebih membutuhkan hiasan-hiasan seperti terumbu karang sampai pasir pantai untuk mendukung proses adaptasi mereka. Jangan ragu untuk menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum ikan tersebut menempati akuarium atau kolamnya. Selain itu hiasan-hiasan laut akan membantu ikan untuk bergerak aktif dan menjadi sarang tidur untuk ikan tersebut.

Itulah hal-hal yang bisa menjadi rekomendasi anda utuk membudidayakan ikan hias air laut. Pastikan masalah di atas sudah anda temukan solusinya. Lebih baik anda mencoba untuk memudidayakan ikan-ikan laut yang masih masuk dalam kategori mudah untuk dirawat seperti ikan Blue Tang, Yellow Tang, Ikan badut, Angel fish atau Lion Fish. Carilah informasi-informasi yang bisa mendukung usaha anda, jangan ragu untuk bertanya kepada sanga ahli. Tetap semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *