‘Hutang’ Tidak Selalu Buruk

“Semiskin-miskinnya orang, dia pasti punya tabungan.
Sekaya-kayanya orang, dia pasti punya pinjaman.”

Kalimat diatas adalah salah satu filosofi orang Jawa. Menurut orang Jawa, terutama yang biasa berbisnis, pinjaman adalah salah satu cara untuk menyemangati mereka dalam bekerja. Katanya sih, kalau tidak punya pinjaman, artinya tidak punya tanggungan untuk dibayar dan jadinya agak kurang gereget gitu.

Percaya engga percaya, tapi skema pinjaman dana seperti yang diterapkan oleh Gandeng Tangan memberikan banyak manfaat, baik bagi kamu sebagai pemberi pinjaman, maupun peminjam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Ini adalah Kesempatanmu Melatih Diri sebagai Investor

Setelah beberapa tahun bekerja, kamu punya tabungan dan sedang ancang-ancang untuk berinvestasi. Nah, sebelum kamu menginvestasikan danamu untuk sesuatu yang besar dan beresiko tinggi, kamu bisa ‘menitipkan’ danamu ke Gandeng Tangan, bahkan mulai dari Rp. 50 ribu saja. Sebagai peminjam, kamu akan belajar memantau perkembangan project, misalnya: apakah mereka membayar tepat waktu; atau bagaimana dana yang kamu pinjamkan benar-benar membawa manfaat bagi komunitas sasaran. Melalui project-project yang sudah diseleksi oleh Gandeng Tangan, kamu bisa belajar melihat potensi keuntungan dan manfaat dari sebuah bisnis.

Memperluas Networking

Melanjutkan poin nomer 1, kamu membangun sense of belonging alias rasa memiliki atas suatu project. Rasa memiliki akan mendorongmu untuk mengerahkan sepenuh tenaga karena ingin melihat project ini berkembang. Selain itu, sebagai pemberi pinjaman, kamu juga bisa melihat daftar pemberi pinjaman dan berkenalan dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama. Nambah teman dan saudara, sssttt, katanya sih itu kunci nambah rezeki!

Mendidik Pelaku Usaha untuk Lebih Bertanggungjawab

Sebagaimana makna filosofi diatas, dengan pinjaman, para pelaku usaha tidak akan berpangku tangan. Mereka harus bekerja keras dan cerdas untuk mengembalikan pinjaman. Tentu saja mereka tidak akan berhenti disitu. Mereka harus membuktikan bahwa usaha mereka cukup profitable agar bisa menjadi unit usaha yang mandiri.

Menyebarkan Manfaat kepada Masyarakat Luas

Sistem pinjaman di Gandeng Tangan memberikan multiply effect. Sekali kamu meminjamkan dana, kamu bisa meminjamkan dana tersebut ke project yang lain sesudah dana itu dikembalikan. Sebagai contoh, kamu meminjamkan dana sebesar Rp. 500 ribu. Uangmu tidak hanya berguna untuk satu usaha; tapi lebih, mungkin dua, tiga, atau tak terbatas, sesuai keinginanmu. Dimana lagi kamu bisa ‘membangun’ berbagai bisnis hanya dengan dana yang sangat terjangkau?

Kalaupun Kamu Hanya Memberi Tak Harap Kembali, Tentu Saja Kami akan dengan Senang Hati Mengelolanya

Saking percayanya kamu dengan Gandeng Tangan (wah, kami jadi terharu nih!), kamu ingin mendonasikan danamu untuk beberapa project. Don’t worry, kami akan menyalurkannya ke project-project yang membutuhkan. Kamu juga tetap bisa melakukan pengawasan dan meminta laporan atas danamu, karena kami di Gandeng Tangan menjunjung tinggi akuntabilitas dan transparansi.

Nah, sekarang kamu punya perspektif lain tentang pinjaman dan pemberian pinjaman – karena tidak semua hutang itu buruk. Jadi, apa project yang akan kamu pinjami hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *