Apa Itu Ghost Writer ?

Dewasa ini media online memang menjadi salah satu bidang yang paling digemari. Banyak hal yan berhubungan dengan dunia online. tidak terkecuali bidang kepenulisan. Mulai banyak bermunculan platform bidang kepenulisan di dunia maya seperti blogspot, website, tumblr dan lain sebagainya. Tentunya bagi anda yang ingin membuat citra diri anda sebagai profesional sudah paham jika dunia kepenulisan sangat mempengaruhi citra anda di mata masyrakat luas. Namun sayanganya tidak semua orang bisa melakukannya. Nah saat anda tidak bisa, bukan berarti anda tidak dapat melakukannya bukan? jika anda pernah medengar tentang ghost writer pastinya anda sudah memahami cara kerjanya. Bagi anda yang belum mengerti apa ghost writer, mereka adalah para penulis gelap yang mendapat bayaran dari anda karena menyelasaikan suatu tugas kepenulisan yang anda minta. Para ghost writer sangat umum ditemukan untuk mengerjakan tugas kepenulisan seperti artikel, diktat, essay ataupun tulisan-tulisan lainnya. Lalu mengapa sampai ghost writer dibutuhan?

  1. Tidak ada waktu

  2. Bagi orang yang sukses dan memiliki banyak kegiatan di luar maupun di dalam kantor, waktu mereka sudah sangat terjadwal. Mereka tidak akan punya cukup waktu untuk menulis. Oleh karena itu, sangat susah bagi mereka untuk menyesuaikan. Karena kesibukan mereka inilah, ghost wrier dibutuhkan. Mereka akan mencari ghost writer untuk dibayar sesuai dengan hasil kepenulisan yang mereka butuhkan.

  3. Kurang skill

  4. Tidak banyak yang mahir dalam mengolah kata-kata dalam bentuk tulisan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi banyak orang untuk menggunakan jasa ghost writer. Mereka dibayar setelah adanya agreement untuk menuliskan sesuatu yang sudah diminta oleh pihak penyewa.

Meskipun nama mereka tidak akan tecantum dalam naskah yang mereka buat, hal ini legal dan sudah ada sejak beberapa tahun silam. Bahkan pekerjaan ini mampu mengasilkan banyak uang. Apabila anda tertarik untuk menjadi ghost writer, apa sajakah yang harus anda perhatikan? Baca selengkapnya di bawah ini:

  1. Kemampuan menulis

  2. Tentunya anda harus bisa menulis. Para penyewa akan mencari para penulis berbakat yang bisa diandalkan dalam hal kepenulisan. Penting bagi anda untuk membuat suatu karya sebelum memeasarkan diri anda sebagai ghost writer. Jika anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang kepenulisan, bagaimana cara anda mem-branding diri anda sebagai penulis?

  3. Link

  4. Anda perlu relasi yang bisa memasarkan diri anda sebagai penulis gelap. Anda bisa bergabung dalam komunitas ghost writer atau ikut dalam suatu grup yang menaungi para ghost writer. Dengan begitu anda bisa mendapatkan koneksi dalam pekerjaan anda ini. Di dalam grup ghost writer itu pula anda bisa mendapat banyak cerita pengalaman dari penulis gelap lainnya.

  5. Profesionalisme

  6. Hal ini penting diperhatikan bahwa tulisan yang sudah anda buat bukanlah kepemilikan anda lagi jika anda sudah dibayar oleh pihak penyewa. Anda tidak bisa mengklaim tulisan tersebut adalah milik anda. Biasanya akan ada surat perjanjian yang mengatasnamakan kedua belah pihak. Oleh karena itu keprofesionalan akan sangat penting di sini.

Itulah beberapa hal yang penting anda ketahui seputar ghost writer. Jika anda benar-benar tertarik untuk menjadi ghost writer, usahakan untuk mendpat pengetahuan dari ghost writer lainnya. Anda harus mengetahui seluk beluk pekerjaan ini sebelum benar-benar terjun ke dalamnya. Terus tambah wawasan kepenulisan anda untuk memiliki kemampuan yang baik. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *