Etika Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Apa yang pertama kali muncul dalam benak anda ketika terdengar kata bisnis? Tentunya bermacam – macam kata yang terbersit untuk menggambarkan bagaimana bisnis berjalan.

Pastinya kata tantangan dan uang akan menjadi pokok pikiran anda setelah mendengar kata berbisnis. Namun apakah kata resiko dan kegagalan juga menjadi bayang- bayang anda saat ini? Jika iya teruskan untuk membaca artikel ini sampai habis.

Dalam penerapannya, bisnis tak selalu berjalan lancar. Adakalanya, anda harus berhenti sejenak untuk melihat prospek dan strategi lain. Saat ini banyak sekali kita temui para pelaku bisnis yang memutuskan untuk menutup usahanya karena mengalami kemunduran dan tidak memberikan keuntungan yang sudah ditargetkan.

Sering pula sekarang ini kita menemui pengusaha yang rela melakukan apapun demi kemajuan usahanya, termasuk bertindak curang. Banyak dari mereka yang menganggap semua hal sah-sah saja dilakukan di dunia bisnis, asalkan mereka mendapat untung tentunya. Padahal sama halnya dengan bidang kedokteran, pebisinis pun juga harus memiliki kode etik.

Poin-poin ber-etika dalam berbisnis inilah yang harus anda tekankan pada diri sendiri sebelum anda sebelum anda terjun kedunia bisnis. Apa sajakah etika dalam berbisnis tersebut, kami sajikan dibawah ini.

  1. Kejujuran

  2. jujur
    Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam berbisnis. salah satu poinnya adalah kejujuran, anda perlu memastikan bahwa segala kegiatan penjualan dan penawaran produk anda benar-benar sesuai kondisi yang sebenarnya. Faktor penentu keberhasilan bisnis adalah konsumen anda puas dengan layanan atau produk yang anda berikan, dengan begitu mereka akan kembali membeli produk dan jasa yang anda tawarkan.

    Namun, bagaimana mereka akan membeli produk dari anda jika mereka tidak puas? Maka dari itu, pastikan anda benar- benar memberikan kinerja terbaik anda. selalu utamakan konsumen anda, berikan pelayanan nomor satu setiap waktu karena anda tidak tahu siapakah konsumen anda. barangkali konsumen anda adalah seorang investor yang akan tertarik untuk menanam modal untuk kemajuan bisnis anda. Bersiaplah!

  3. Integritas

  4. integritas
    Pernahkah anda bertanya-tanya apa rahasia untuk awet berbisnis? Mengapa ada suatu bisnis yang bisa bertahan berpuluh-puluh tahun sedangkan ada bisnis yang gulung tikar hanya dalam beberapa bulan?

    Sebenarnya jika kita teliti lebih jauh, perusahaan- perusahaan besar memiliki kesamaan yang membuat mereka bisa bertahan sekian lama. Singkatnya, mereka memiliki pelanggan tetap yang setia membeli produk ditempat yang sama. Integritas disini juga berarti anda menjaga produk yang ditawarkan dengan memberikan pelayanan terbaik dari waktu ke waktu.

    Dengan begitu konsumen anda tidak akan ragu untuk kembali lagi ke tempat anda. Sekarang masih banyak kita jumpai para pelaku bisnis yang tidak memahami strategi berbisinis yang baik, mereka tidak memiliki konsistensi dalam hal tarif. Inilah salah satu faktor yang membuat konsumen tidak akan kembali lagi.

  5. Give a Rewards

  6. rewards
    Dalam dunia bisnis, anda perlu mencari cara-cara untuk membuat konsumen anda selalu teringat dengan bisnis anda. Nah salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan bagi mereka yang memiliki loyalitas tinggi, berikan rewards bagi mereka yang memiliki intensitas tinggi kepada perusahaan anda. Ini perlu dilakukan sebagai wujud apresiasi kepada konsumen tersebut. Selain itu, langkah ini bisa menjadi salah satu strategi untuk tetap menjaga hubungan dengan pelanggan setia anda.

    Penghargaan bisa berbentuk diskon atau potongan harga setiap berapa kali pembelian atau dengan memberikan kupon untuk ditukarkan dengan suatu hadiah. Sekecil apapun apresiasi yang anda berikan akan berarti kepada konsumen anda. utamakan unutk selalu memberikan kesan terbaik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *