Desy Catering: Usaha Kuliner yang Mengurangi Masalah Remaja Putus Sekolah

Bu Desy Istopo adalah seorang wanita luar biasa yang memiliki visi jangka panjang untuk mengentaskan remaja putus sekolah. Pernah memiliki rumah makan dengan menu andalan ayam bakar madu, Bu Desy sempat mengalami hambatan karena permasalahan kesehatan yaitu skoliosis (pembengkokan tulang) lebih dari 80%.Keadaan yang menimpanya tidak membuatnya terpuruk, justru mendorongnya untuk membantu orang-orang yang memiliki kondisi khusus sepertinya, atau orang-orang yang kurang beruntung.Selain itu, belajar dari pengalaman membangun rumah makan tersebut, Bu Desy mempersiapkan strategi yang lebih matang untuk usaha kulinernya.

Pada bulan Februari 2016, Bu Desy mengajukan pinjaman melalui GandengTangan. Pinjaman tersebut digunakan untuk membeli peralatan masak, menyewa tempat usaha, dan biaya operasional. Mengetahui kisah Bu Desy, salah satu user GandengTangan sempat menawarkan sebuah lokasi untuk digunakan oleh Bu Desy. Sebuah bukti yang menggambarkan bahwa kisah inspiratif akan menemukan jalannya untuk mendapatkan dukungan.

Bu Desy berhasil mengumpulkan Rp 20.722.206 dari 50 orang pemodal. Bu Desy bergerak cepat mengembangkan usaha catering hingga dapat merekrut 5 orang remaja putus sekolah dan 9 orang ibu rumah tangga sebagai pekerja. Tujuan utama Bu Desy adalah membagikan pengetahuan memasak agar para pekerjanya bisa mandiri di masa depan. Selain itu, mempekerjakan remaja putus sekolah dirasa tepat karena memberikan mereka kesempatan untuk mengoptimalkan waktu luang daripada terlibat pada aktivitas yang meresahkan masyarakat.

Tambahan modal dari GandengTangan juga menjadikan Bu Desy semakin percaya diri dalam menerima orderan dalam jumlah besar. Saat ini, Bu Desy mendapatkan penghasilan tambahan sebesar Rp. 3juta setiap bulannya, dan mampu mempekerjakan 14 orang.

Dari total investasi Desy Catering sebesar Rp. 40juta, mampu memberikan manfaat sosial senilai Rp. 280juta. Dengan demikian, setiap Rp. 50.000 yang Anda investasikan, tercipta dampak sosial senilai Rp. 335.000. Ingin membantu lebih banyak remaja putus sekolah? Cek proposal para wirausahawan sosial yang telah terverifikasi disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *