Desy Catering: Bukan Catering Biasa

Semua orang suka makan. Apalagi ayam bakar, ayam bakar madu pula, dan gratisan. Siapa berani nolak? Hehehe, bagian gratisannya sih agak lebay. Tapi, kamu pasti mau bayar dua kali lipat kalau tahu apa yang dikerjakan oleh Bu Desy ini bukan sekadar masak. Ya, ini adalah tentang bagaimana berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

Kalau kamu warga Jakarta, kamu pasti paham bahwa sekarang itu nyari kerja susah banget. Kalau kamu fresh graduate dari universitas ternama, mungkin kamu masih punya kesempatan. Sekarang coba bayangkan kalau kamu mengidap sebuah penyakit yang membuatmu sulit bergerak secara normal. Atau coba bayangkan kalau kamu hanya memiliki ijazah SMP atau SMA dan tidak punya skill. Mau cari kerja dimana, coba?

Bu Desy Istopo menjawab semua tantangan itu. Dengan penyakit skoliosis (penyakit pembengkokan tulang), beliau sadar akan sulit baginya untuk diterima bekerja di tempat umum. Tapi beliau tidak menyerah. Dengan skill memasak yang ia miliki, lima tahun terakhir ini beliau membuka layanan catering seperti nasi kotak atau nasi tumpeng.

Dulu, beliau mengerjakan semuanya sendiri. Dari mulai berbelanja, memasak, mengepak, dan mengirim. Kalau diantara kamu ada yang berpikir, ‘ah gitu aja juga aku bisa.’ Ingatlah bahwa jangankan untuk memasak, kadang untuk berdiri dengan baik saja sudah sangat sulit untuk Bu Desy. Setelah menjalani operasi pada tahun 2010 dan 2011, kondisi Bu Desy sudah jauh membaik. Disamping itu, beliau sudah mulai bisa mempekerjakan dua orang.

Tahun 2016 ini, Bu Desy sangat berharap bisa membuka rumah makan dengan spesialisasi ayam bakar madu. Pinjaman dari Gandengtangan akan digunakan untuk membeli peralatan dan menyewa tempat usaha. Sebagian uang juga akan digunakan untuk mencari pekerja – dan uniknya, Bu Desy ingin mempekerjakan orang-orang yang tidak berpendidikan tinggi.

Bu Desy ingin memberikan kesempatan bagi orang-orang yang tidak seberuntung dirinya dalam hal skill. Dengan kata lain, selain mempekerjakan orang-orang ini, Bu Desy akan mendidik mereka untuk menjadi tenaga profesional di bidang kuliner. Berhubung Bu Desy juga memiliki latar belakang keluarga yang beranggotakan guru dan dosen, beliau merasa terpanggil untuk turut menyumbangkan ilmunya untuk pemuda-pemudi Indonesia.

Jadi, kalau kamu mendukung Bu Desy mengembangkan Desy Catering/Rumah Makan, kamu turut mendukung teman-teman seumuranmu untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Berikan pinjaman dana untuk Bu Desy di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *