Dapat Pinjaman Crowdlending Itu Mudah Loh! Begini Caranya

image-for-crowdlending-is-easy

 

Walau baru berjalan 4 bulan, sudah ada dua projek crowdlending yang terdanai di GandengTangan yaitu dari Mama Tata  dan Agradaya. Total dana yang disalurkan untuk kedua projek ini adalah Rp 51,4 juta yang akan dicicil dalam 24 bulan. Dengan modal pinjaman hasil keroyokan ini, Mama Tata sudah bisa membeli karung dan mengolah hasil panen sorgum di Flores Timur. Sementara itu, tim Agradaya di Sleman juga sedang membuat solar dryer untuk mengeringkan emping.

Keberhasilan Mama Tata dan Agradaya jadi bukti kalau dapat pinjaman crowdlending itu nggak susah, asalkan wirausahawan sosial sukses melakukan langkah-langkah di bawah ini. Yuk cari tahu apa saja!

#0 Siapkan Mental

Karena modal dari GandengTangan bersifat pinjaman, ada wirausahawan sosial yang nggak mau ikut karena merasa lebih enak dapat donasi yang nggak perlu dikembalikan. Pemikiran ini nggak salah, tetapi cari pinjaman di GandengTangan juga punya kelebihan. Menurut Andhika dari Agradaya, modal berbentuk pinjaman justru bikin dia termotivasi berbuat yang terbaik. Dia nggak mau menyia-nyiakan kepercayaan orang-orang yang kasih pinjaman modal untuk Agradaya.

#1 Daftar

Setelah yakin dengan pilihan untuk meminjam modal lewat GandengTangan, saatnya mendaftar lewat website. Di sini, kamu harus mengisi formulir sesuai isian yang ada. Pastikan usahamu memenuhi syarat untuk mendaftar agar lolos verifikasi dari tim GandengTangan. Syaratnya apa saja? Yang paling utama itu harus menyelesaikan masalah sosial yang ada. Selengkapnya kamu bisa baca di sini. Jangan lupa juga untuk mencari dukungan dari orang atau lembaga yang kredibiltasnya bisa mendongkrak projekmu.

#2 Launching

Kalau bisnis sosial kamu lolos verifikasi, profil projekmu akan muncul di website GandengTangan. Cepat sambut momen ini dengan membuat launching yang mengesankan. Nggak harus berbiaya mahal atau konsepnya fenomenal, yang penting pastikan bahwa sasaran kampanye kamu tahu kalau projekmu sudah siap didukung. Ada banyak contoh projek pengumpulan dana dari publik yang berujung sukses karena berhasil mencuri perhatian sejak tahap launching.

#3 Kampanye!

Pastikan konsep kampanye projek kamu terkonsep baik sejak awal. GandengTangan memberi waktu kampanye sampai 60 hari untuk setiap projek. Di era digital seperti ini, ada banyak platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk kampanye. Tapi kamu jangan melupakan cara tradisional seperti bertemu langsung dengan orang dan meyakinkan dia untuk mendukung. Bisa lewat promosi di acara kumpul keluarga besar atau waktu lagi kongkow sama teman-teman kantor. Projek yang kampanyenya berhasil punya tiga kunci sukses: kreatif, kreatif, dan kreatif. 😀

#4 Modal Terkumpul

Kalau diibaratkan lomba lari, tahap ini seperti garis finis yang pitanya melambai-lambai dari jauh. Waktu kampanye rasanya kita sudah lari jungkir balik untuk mendapatkan dukungan, kemudian akhirnya sampai juga di ujung perjuangan. Setelah pinjaman terkumpul, tim GandengTangan akan menyerahkan modal ini mulai diputar di bisnis sosialmu. Ingat, begitu modal terkumpul berarti periode pengembalian pinjaman pun akan segera dimulai. Jadi pastikan setiap waktu yang ada jadi berharga!

#5 Bayar Cicilan

Dengan suntikan dana segar, bisnis sosialmu jadi makin berkembang. Setelah tepat satu bulan setelah dapat modal pinjaman, waktunya kamu membayar cicilan pertama. GandengTangan memfasilitasi pengembalian modal ini kepada para pemodal, jadi kamu nggak perlu repot bayar ke sekian banyak orang. Karena itu, penting juga untuk rajin memberikan kabar terakhir tentang perkembangan bisnis sosialmu supaya para pemodal yakin sudah meminjamkan dana ke orang yang tepat.

***
Itu dia langkah-langkah yang perlu seorang wirausahawan sosial tempuh untuk mendapatkan pinjaman modal lewat crowdlending di GandengTangan. Kamu punya bisnis sosial yang butuh modal? Ayo coba kelima langkah tadi untuk dapatkan pinjaman dari publik lewat GandengTangan. Kalaupun kamu bukan pemilik bisnis sosial tapi kenal orang yang punya, coba colek dia untuk kasih tahu soal GandengTangan dan daftar di sini.

(shally)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *