Crowdlending = Cara Baru Amal Jariyah 3.0

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, umat muslim didorong untuk memperbanyak amal dan ibadah. Nggak main-main, semua perbuatan baik di bulan ini bakal dikasih balasan berkali lipat supaya kita lebih bersemangat.

Dari sekian banyak cara untuk berbuat kebaikan kepada sesama, ada tiga perbuatan kita yang pahalanya akan terus mengalir walaupun sudah meninggal dunia. Pertama, pahala yang datang bagi para orang tua yang memiliki anak sholeh. Kedua, pahala yang kita terima karena pernah mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi sekitar. Ketiga, pahala yang kita peroleh karena memberikan sebagian harta dalam bentuk amal jariyah yang dampaknya nggak terputus.

Dalam berbagai ayat Al-Quran dan hadits, seorang muslim sering diingatkan bahwa dalam harta yang kita miliki sebenarnya ada bagian milik orang lain. Hak mereka yang terselip dalam kepemilikan kita inilah yang perlu dikeluarkan lewat berbagai macam pintu yaitu zakat, infak, dan sedekah.

Masing-masing pintu itu punya aturannya masing-masing. Kewajiban zakat sebagai salah satu Rukun Islam baru akan jatuh kalau harta kita sudah memenuhi jangka waktu dan takaran tertentu. Sementara bersedekah bentuknya bisa beragam, bahkan dalam salah satu hadits disebutkan bahwa senyum seorang muslim untuk muslim lainnya adalah sedekah. Sedangkan infak mencakup semua aktivitas mengeluarkan harta untuk menyumbang kegiatan yang dianjurkan.

Karena itu, nggak heran kalau saat Ramadhan kotak-kotak sumbangan di tempat umum kelihatan lebih penuh dari biasanya karena ada anjuran untuk memperbanyak amal jariyah tadi. Ehm, di banyak tempat ziarah juga bisa kelihatan ada lebih banyak pengemis yang memanfaatkan momen bulan baik ini untuk meminta-minta.

 

Pengelola yang Bertanggung Jawab

elegan
Tentu kita bebas mau memilih pintu mana untuk membersihkan harta kita. Namun agar bisa memberikan berkah berupa dampak yang nggak terputus, jelas kita juga harus menyalurkannya lewat lembaga yang bertanggung jawab sehingga tujuan amal tersebut tercapai dengan maksimal. Baiknya harta yang kita keluarkan mampu membuat penerimanya kelak bisa jadi orang yang mampu memberikan zakat, infak, dan sedekah.

 

Amal Jariyah untuk Kemandirian

strategi manajemen 2
Selain memberikan bantuan habis pakai, saat ini ada alternatif baru buat kamu yang mau menyalurkan amal jariyah yaitu dengan memberikan pinjaman. Banyak lembaga pemberdayaan yang menggunakan pemberian pinjaman usaha untuk membantu masyarakat agar memiliki sumber pendapatan baru. Salah satunya adalah GandengTangan yang membantu wirausaha sosial untuk mendapatkan pinjaman dari publik seperti kamu dalam bentuk crowdlending.

 

Tanpa Riba

tanggung jaab
Saat ini ada beberapa wirausaha sosial yang menantikan pinjaman modal untuk bisa memberdayakan lebih banyak masyarakat kelas ekonomi lemah untuk bisa memiliki hidup lebih baik. Mereka pasti senang sekali menerima pinjaman nol persen dari kamu karena sama sekali tidak memberatkan mereka. Yak, betul. Kalau kamu memberikan pinjaman di GandengTangan itu tidak akan jadi riba karena kamu akan mendapatkan pengembalian sejumlah yang kamu pinjamkan.

 

Amal yang tak Terputus

menabung
Berbeda dengan donasi akan habis begitu dipakai, uang yang kamu pinjamkan untuk membantu orang lain akan kembali lagi setelah tempo tertentu. Uang ini bisa kamu pakai untuk kebutuhan lain atau kamu pinjamkan untuk memodali orang lain yang membutuhkan. Di GandengTangan, kamu bisa memantau perkembangan wirausaha sosial yang kamu dukung dan memutar uang pengembalian yang kamu punya untuk peminjam lainnya. Dengan kata lain, satu kali kamu beramal namun dampaknya bisa terus mengalir selama uang itu kamu putarkan untuk memodali wirausaha sosial.

Setelah membersihkan harta kita lewat amal jariyah, jangan khawatir kita jadi miskin. Malah dijanjikan bahwa kita akan mendapat rezeki lain lewat cara yang nggak diduga-duga. Secara psikologis pun terbukti dampaknya baik, karena selain memberikan benefit spiritual berupa pahala, beramal jariyah pun punya dampak sosial yaitu membuat kita merasa bahagia telah membantu sesama.

Karena itu, mumpung ada kesempatan di bulan Ramadhan ini, ayo coba kesempatan beramal jariyah model baru di GandengTangan. Semoga segala perbuatan baik kita di bulan ini bisa terus mengalirkan manfaat bagi mereka yang membutuhkan. (Shally)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *