Apa Itu Tulisan Feature? Bagaimana Membuatnya?

Feature : /baca: ficer//
/Jenis artikel kreatif yang bertujuan untuk menghibur pembaca//

Jenis artikel feature adalah salah satu yang populer karena memang memiliki banyak jumlah pembaca. Jenis tulisan ini termasuk yang akan tetap menjadi favorit semua pembaca karena bahan yang dikeluarkan tidak akan lekang oleh waktu alias basi. Mengapa? Karena bacaan feature ini menggabungkan berbagai material berupa fakta, opini dan juga humor atau hiburan. Tentunya ini akan menjadi bacaan yang komplit untuk dibaca. Nah kali ini tulisan feature akan menjadi topik pembahasan kita kali ini. Bagi anda yang penasaran kelanjutannya, tetap baca artikel ini sampai selesai ya.

Mengapa feature ditulis?

mengapa
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tulisan feature merupakan salah satu jenis tulisan hiburan. Tentunya tujuannya untuk memberikan hiburan, menarik empati dan juga menambah pengetahuan bagi pembacanya. Namun bedanya dengan humor adalah, feature lebih memberikan informasi, pengetahuan dan juga fakta. Pengemasannya sajalah yang berbeda, tulisan feature lebih memperhatikan pemilihan kata sehingga terkesan lebih informal dan menarik.

Apa saja kontennya?

apa kontennya
Untuk konten tulisan feature sangat luas. Anda bisa mendapatkan contoh tulisan-tulisannya dalam majalah, koran dan juga media lainnya. Terlebih lagi saat ini kita sudah masuk dalam era globalisasi, sangat banyak tulisan feature yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Tulisan feature banyak mengangkat topik-topik ringan di sekitar kita. Misalnya saja feature tips, mulai dari bagaimana melakukan dan membuat sesuatu. Contohnya adalah bagaimana menghindari flu, bagaimana membuat hiasan kamar dari botol bekas dan lain sebagainya. Sedangkan tulisan feature yang akan sering anda temui dalam media baca umum seperti koran adalah tulisan feature yang mengangkat bacaan mengenai kehidupan umum masyarakat luas. Kadang tulisan feature juga menyajikan suatu berita bencana alam yang akan menarik empati publik.

Bagaimana menulisnya?

bagaimana menulis
Untuk cara kepenulisannya tulisan feature tidak membutuhkan banyak aturan yang rumit. Akan cukup mudah bagi anda yang memiliki latar belakang penulis. Tapi jangan khawatir bagi pemula yang ingin belajar menulis jenis tulisan ini. Perhatikan penjelasannya di bawah ini:

  1. Pilih topik, ambil secara umum. Topik bisa menjadi sesuatu yang sedang populer atau pilihan anda sendiri. Misalkan ketika anda memiliki kasus ujian nasional saat ini.
  2. Buat rangka tulisan. Tentukan pembuka tulisan, isi dan juga penutup. Berikan kata kunci untuk masing-masing dari badan tulisan tersebut. Misalkan untuk pembuka tuliskan kata kunci yang berhubungan dengan topik anda. Misalnya tingkat kelulusan, pengumuman kelulusan dan lain sebagainya.
  3. Berikan hook, tambahkan poin-poin hiburan yang akan membuat pembaca anda merasa terhibur dan kaget. Hook juga bisa memuat suatu fakta yang akan menarik perhatian pembaca.
  4. Lengkapi bodi tulisan, anda bisa mulai menuliskan secara lengkap dari masing-masing bab yang ada.
  5. Baca ulang, setelah selesai menulis secara lengkap jangan lupa untuk membaca ulang yang bertujuan untuk mengecek tulisan anda.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menulis jenis tulisan feature. Jangan ragu untuk mencari informasi lainnya dari sumber lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tulisan feature. Tunggu artikel-artikel lainnya hanya di GandengTangan.org. Tetap semangat untuk menulis karena ketika menulis kita sedang menciptakan suatu bukti sejarah yang tidak akan lekang oleh waktu. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *