Pentingnya Surat Penawaran Barang dan Jasa untuk Wirausahawan Sosial

Membangun suatu usaha yang besar mengharuskan anda untuk melakukan usaha-usaha besar pula tentunya. Sebagai pelaku usaha sosial, anda juga harus ikut melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan usaha anda. Karena itu anda perlu membuat beberapa strategi untuk mendapatkan inovasi-inovasi terbaru. Salah satunya anda bisa menggunakan strategi keluar, dengan cara menjemput bola atau mencari peluang pembeli anda sendiri. Jadi tidak hanya menunggu kesempatan itu datang dan menghampiri anda. Wah, bagaimanakah caranya?

Untuk menciptakan relasi atau rekan bisnis yang berpeluang untuk bisa saling bekerjasama dan untuk pengembangan usaha, anda memerlukan tambahan peluang. Untuk menciptakannya anda bisa menggunakan surat penawaran produk yang anda punya. Jika anda belum pernah mendengar tentang surat penawaran jasa atau barang untuk suatu usaha, perhatikan penjelasannya berikut ini.

Surat penawaran barang adalah suatu surat yang berisikan informasi mengenai penawaran produk anda. Melalui surat penawaran barang atau jasa yang anda buat akan banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan, di antaranya adalah:

  1. Profesional

  2. professional
    Menggunakan surat penawaran juga berarti anda membiasakan usaha anda melakukan hal-hal profesional seperti apa yang dilakukan oleh perusahaan besar. Di sini anda juga bisa membuat suatu imej formal dan tersusun. Hal ini baik untuk menciptakan penggambaran usaha anda yang benar-benar serius untuk menawarkan suatu produk. Dengan begitu, konsumen anda akan semakin yakin untuk menggunakan produk bisnis anda.

  3. Menjaring pasar

  4. menjaring-pasar
    Mencari konsumen yang akan menggunakan usaha anda akan sangat mudah dengan sistem penawaran jasa. Anda akan langsung membidik bisnis lain untuk bekerjasama dengan anda dengan cara memberi tahu tentang produk anda via surat penawaran barang dan jasa. Akan lebih mudah bagi anda untuk mempromosikan produk anda dengan sistem melakukan penawaran ke satu-persatu bisnis.

  5. Detail

  6. detail
    Dengan memberikan surat fisik yang berisikan penawaran atas produk yang anda miliki berarti anda menunjukkan dan memberikan seluruh deskripsi lengkap atas usaha anda. Apa sajakah itu? Perhatikan dibawah ini:

    • Latar belakang
    • Anda akan menjelaskan apa sajakah yang melatari anda untuk membuat usaha sosial ini. Apa yang menjadi target pasar anda, tujuan dan tentunya visi-misi yang anda miliki.

    • Produk
    • Jelaskan spesifikasi produk yang anda punya, apa saja variasinya. Berikan pula katalog jika memungkinkan. Manjakan pembaca dengan memberikan gambar-gambar produk yanga anda miliki. Dengan begitu persentase mereka melihat surat penawaran sampai selesai akan semakin besar.

    • Penawaran
    • Nah, di poin ini anda bisa memulai penawaran anda. Mulai saja dengan memberikan penjelasan bahwa harga-harga yang anda tawarkan sangat bersaing di pasaran. Setelah itu anda bisa melanjutkan dengan opsi penawaran.

    • Kontak
    • Jangan lupa untuk memberikan kontak yang bisa dihubungi. Bagaimanapun juga suatu surat penawaran juga harus memiliki kontak seseorang yang bisa menjawab semua pertanyaan dari konsumen.

Jadi itulah pentingnya surat penawaran untuk bisnis anda. poin penting yang harus anda ingat adalah, jangan sampai membuat kesalahan dalam hal kepenulisan nama atau kata-kata karena penerima dari surat anda kemungkinan adalah orang yang sangat penting di bidangnya. Oleh karena itu selau cek dan mintalah rekan anda untuk membaca ulang surat penawaran barang atau jasa anda. Dengan begitu akan banyak yang memberikan saran kepada anda. salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *