Cara Membuat Proposal Bisnis Kecil-Kecilan Untuk Wirausahawan Sosial

Bagi anda yang sering mendengar kata proposal mungkin sudah hapal dan tahu betul bagaimana format dan susunan untuk pembuatan proposal tersebut. Namun sudahkah proposal tersebut sesuai untuk usaha kecil anda. Setiap proposal memiliki kapasitas tersendiri menurut fungsi dan tujuannya. Proposal yang ditujukan kepada pihak pemerintah akan berbeda dengan proposal yang anda ajukan untuk suatu lembaga atau institusi tertentu. Nah di bawah ini anda akan melihat pembahasan format proposal bisnis untuk usaha kecil anda. Bagaimana, sudah tidak sabar? Perhatikan setiap topik yang ada di bawah, simak sampai habis ya.

  1. Background usaha

  2. latar-belakang
    Jelaskan secara rinci apa jenis usaha anda dan bagaimanakah proses pembuatannya. Jika anda merupakan suatu usaha sosial, jelaskan saja apa motif utama anda membuat usaha tersebut. Jika terdapat beberapa pihak yang ikut berkontribusi sebutkan saja. Di dalam tahap background atau latar belakang ini anda dituntut untuk memperkenalkan usaha anda kepada seseorang yang belum pernah bertemu dengan anda ataupun mengerti bisnis anda. Karena itu jelaskan latar belakang usaha anda dengan jelas. Dengan begitu akan mempermudah bagi pembaca proposal anda.

  3. Modal bisnis

  4. moda;l
    Yang kedua adalah paparan modal usaha. Tujuan anda dalam membuat proposal tentunya adalah minta dukungan berupa dana kepada pihak donor ataupun sponsor, oleh karena itu anda harus menjelaskan secara jelas tentang kebutuhan modal yang anda butuhkan. Jelaskan apa saja kebutuhan usaha anda, mulai dari perlengkapan, peralatan sampai beban listrik. Buat dalam bentuk tabel dan buat secara rinci. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dari pembacaan tabel. Bagaimana bisa mereka mau membanu usaha anda dalam sisi keuangan jika anda tidak jelas dalam memberikan pemaparan dana. Tentunya mereka akan berpikir ulang dalam hal tersebut. Jika perlu tanyakan kepada rekan anda apakah sudah dimengerti dengan baik ketika melihat tabel keuangan usaha anda. jika belum, rapikan sekali lagi. Namun jika sudah, lanjutkan ke poin ketiga.

  5. Progress!

  6. progress
    Dalam tahap ini anda akan lebih mnenjelaskan apa saja yang sudah anda lakukan untuk usaha anda. Anda akan lebih menceritakan perjalanan usaha sampai ke titik ini. Bagaimana proses penjualan dan pembelian. Juga menjelaskan bagaimana keuntungan atau kerugian yang dimiiki oleh usaha anda tersebut. Buat pembaca yakin atas usaha anda, yakinkan mereka bahwa anda tidak main-main dengan usaha anda. Dengan begitu anda bisa membuat donatur atau sponsor mau memberikan dukungan kepada usaha anda. Kalau diperlukan anda bisa mencantumkan aneka foto yang menunjukkan tempat usaha, proses usaha anda dan pekerja yang membantu usaha anda.

  7. Penutup

  8. penutup
    Yang terakhir adalah penutup. Dalam tahap ini, anda akan lebih mempromosikan mengapa pihak donatur atau sponsor harus membantu dan mendukung usaha anda. Jelaskan faktor kelebihan dari usaha anda dibandingkan usaha lainnya. Tapi ingat, jangan sampai menjatuhkan usaha lain. Sebutkan saja perbedaan baik yang dimiliki oleh usaha anda daripada usaha lainnya. Dengan menyebutkan kelebihan yang dimiliki oleh usaha anda, pihak donatur atau sponsor bisa mengerti kualitas dari usaha anda.

Itulah langkah- langkah yang harus anda selesaikan untuk membuat suatu proposal usaha anda. Jangan lupa untuk meneliti setiap topik yang sudah anda selesaikan untuk menghindari kesalahan eja atau kesalahan materi. Tetap semangat dan jangan lupa untuk menanyakan kepada rekan anda untuk membaca ulang proposal yang anda buat. Salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *