Contoh Aplikasi Desain Grafis untuk Pemula

Saat ini semua orang saling berlomba-lomba untuk membuat suatu desain. Khususnya anak muda semakin kreatif dalam menciptakan aneka variasi desain. Kenapa dunia desain sangat booming? Karena hampir semua kebutuhan anda akan melibatkan dan menggunakan desain. Hampir semua kalangan membutuhkan desain. Mulai dari pelajar, mahasiswa dan karyawan. Anda juga bisa melihat kalau saat ini tidak hanya perorangan yang membutuhkan desain namun juga perusahaaan besar. Coba saja lihat di sekeliling anda, tentunya hampir semuanya adalah hasil dari produk desain.

Salah satunya sekarang yang sedang menjadi tren adalah desain grafis. Apa itu? Desain grafis merupakan salah satu media visual yang digunakan untuk berkomunikasi dan juga menyampaikan sutau pesan secara menarik dan se-efektif mungkin. Sekarang ini membuat suatu desain tak lagi membutuhkan kertas, pensil, penghapus ataupun alat tulis klasik lainnya. Saat ini seorang graphic designer hanya dituntut untuk menggunakan software-software yang membantu pembuatan desain itu sendiri. Jadi tak butuh lagi menggunakan cara manual untuk menciptakan desain-desain keren kalian.

Berbicara mengenai suatu software desain grafis, banyak anda temukan di pasaran jenis dan aneka model software yang tentunya memiliki pilihan fitur sesuai dengan kebutuhan anda. Software inilah yang akan memenuhi kebutuhan seorang graphic designer. Software tersebut juga akan memudahkan sang pembuat desain grafis dalam hal efisiensi dan efektifitas. Nah untuk anda yang ingin mempelajari desain grafis lebih lanjut. Simak penjelesan beberapa software yang akan dibahas di bawah ini ya:

  1. Corel Draw

  2. sumber: giladownload.com
    sumber: giladownload.com

    Software ini dapat melakukan editing pada garis vektor. Corel draw memiliki fitur untuk mengolah gambar, oleh karena itu software ini lebih banyak digunakan untuk pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi. Beberapa hal yang akan anda dapatkan saat menggunakan software ini adalah fitur penekanan gambar dalam basis vektor ke skala yang kecil namun dengan hasil yang tidak akan kalah dengan hasil gambar berbasis bitmap atau raster. Selain itu corel draw memiliki berbagai kemudahan untuk digunakan. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia desain tidak perlu khawatir karena segala tool yang disediakan akan sangat mudah untuk digunakan.

  3. Inkscape

  4. sumber: commons.wikimedia.org
    sumber: commons.wikimedia.org

    Selain gratis yang memungkinkan semua orang untuk menggunakannya tanpa dipungut biaya apapun, software desain grafis yang satu ini tidak terlalu berat untuk diaplikasikan kedalam pc atau laptop anda. Pilihan warna yang dimiliki pun sangat beragam sehingga para pengguna akan merasa sangat senang dengan kelengkapannya.

  5. Adobe Illustrator

  6. sumber: youtube.com
    sumber: youtube.com

    Hampir mirip dengan adobe photoshop, yakni suatu software yang kerap kali digunakan untuk memanipulasi foto. Nah bagi anda para pengguna adobe photoshop tentu sudah mengetahui seluk beluk dan pengaturan fitur untuk adobe illustrator. Ada fasilitas hints yang akan membantu anda memplejari fitur-fitur apa saja yang tersedia di dalam adobe illustrator. Karena akan sedikit sulit bagi anda yang belum pernah memegang adobe sebelumnya.

Nah itulah ketiga software desain grafis yang palin favorit di kalangan pecinta desain. Nahmun adna tetap bisa mencari software- software lainnya yang memiliki fitur lainnya. Semoga artikel ini dapat memeberikana dna inspirasi dan tambahan informasi dalam bidang desain grafis. Tunggu info berikutnya untuk mendapatkan berita terabru ya. Stay tune di blog gandengtanagan.org. salam suskes !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *