Step by Step Bussines Plan untuk Wirausahawan Sosial

Siapa yang tidak kenal dengan business plan, segala pelaku usaha pastinya pernah berkenalan dengan dia. Bagi anda yang masih asing, busniness plan adalah sebuah dokumen proposal pengajuan pendirian bisnis yang akan diajukan ke pihak sponsor ataupun pihak pendonor. Bagaimanapun juga business plan sangat penting mengingat itu adalah bagian dari rancangan dari usaha yang akan anda buat. Ketika anda membuat rancangan bisnis yang baik dan mampu meyakinkan pihak donor ataupun sponsor, berarti anda juga bisa membangun usaha anda tersebut sebaik dengan business plan yang anda buat. Business plan juga menjadi wajah anda untuk bertemu dengan pihak luar, ketika business plan anda lolos dan diterima barulah anda bisa mempresentasikan business plan yang anda buat. Lalu bagaimanakah membuat business plan yang baik dan benar? Ikuti terus artikel ini.

  1. Latar belakang bisnis

  2. Yang anda perlu siapkan disaat membuat business plan adalah latar belakang atau background bisns anda. Mengapa? Karena pihak luar tentunya ingin mengetahui apa saja yang melatari pembuatan usaha anda, juga bagaimana cerita dibalik usaha yang akan anda buat jika anda membuat suatu usaha ber-platform sosial, jelaskan secara rinci target pasar dan bagaimana anda mendapatkan keuntungan.

  3. Analisa produk

  4. Sampai tahap kedua ini, anda cukup menjelaskan secara detail apa saja keunggulan produk anda dibandingkan dengan usaha lain. Anda bisa menyebutkan kualitas yang anda miliki dan juga bagaimana proses pembuatannya. Analisa produk juga bisa mencakup SWOT atau strenght, weaknesses, opportunity dan juga threat. Sebaiknya jelaskan serinci mungkin, sehingga saat tiba waktunya anda melakukan presentasi di depan publik anda tidak perlu berbicara panjang lebar.

  5. Analisa pemasaran

  6. Dalam analisa pemasaran anda akan lebih jauh berbicara mengenai straegi pemasaran yang akan anda gunakan. Apakah anda memakai cara online ataukah offline. Semua tergantung dengan produk dan juga keinginan anda. jika anda akan menggunakan pemasaran online, apa sajakah media yang akan anda gunakan. Jelaskan juga keuntungan serta kelebihan menggunakan aplikasi tersebut untuk bisnis anada. Jika anda menggunakan strategi offline, jelaskan pula dimana dan bagaimana sistematisasinya. Sekali lagi, jelaskan secara rinci dan detail sehingga anda bisa menarik perhatian pihak luar seperti pihak sponsor dan juga pihak donatur. Jika perlu berikan grafik dalam riset pemasaran yang sudah anda buat, hal ini bisa menjadi poin spesial bagi anda. cari juga ide-ide kreatif lainnya yang bisa anda gunakan.

  7. Analisa keuangan

  8. Yang terakhir adalah analisa keuangan. Anda akan memberikan informasi secara transparan dan jelas mengenai berapa jumlah dan penghitungan biaya pembuatan produk sampai penghitungan profit. Jabarkan dalam bentuk persen dan juga tabel, sehingga memudahkan pembaca. Jika perlu lakukan studi pasar yang akan semakin membuat anda memiliki banyak bukti dan fakta. Tentunya untuk menambah tingkat kerealistisannya anda perlu menghitung berapa persen pajak yang akan dibayarkan.

Bagaimana, adakah pertanyaan? Jika sudah mnegerti anda bisa langsung membuat business plan ini mulai dari sekarang. Segera tanyakan kepada rekan atau pihak yang anda rasa mengerti dalam bidang ini. Pastikan anda memahami segala isi business plan yang dibuat, karena biasanya anda juga dituntut untuk menjelaskannya atau mempresentasikannya sehingga anda perlu menyiapkan kelengkapannya secara rinci. Sekali lagi, periksa proposal bisnis anda sebelum diberikan kepada pihak luar. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *