Cek! Hal Sepele Yang Paling Membuat Kamu Boros Minggu Ini

Setiap rupiah yang kamu keluarkan hari ini akan berpengaruh terhadap keuangan selama seminggu berikutnya. Sebenarnya tidak maasalah kamu menghabiskan uangmu untuk sesuatu yang kamu inginkan. Itu adalah uang hasil jerih payahmu sendiri dan kamu berhak membelanjakannya di jalan yang kamu suka.

Tetapi jangan lupa bahwa masih ada hari esok yang juga sama-sama butuh ditopang oleh uang. Kamu mungkin enteng mengeluarkan uang untuk beberapa item sepele yang kelihatannya murah meriah. Namun jika kamu sedang dalam program menabung untuk travelling, gadget baru, rumah, mobil, dan seterusnya, maka hal yang sepele tersebut bisa merusak segalanya.

Mari bijak membelanjakan uang dan simak beberapa hal yang kemungkinan besar membuat kamu paling boros dalam seminggu ini.

  1. Ketika kamu memesan kopi kedua, ketiga, atau bahkan keempat dalam sehari

  2. Ngopi di kafe bareng teman apartemen saat pagi, lanjut bareng teman kantor saat break makan siang, lalu malamnya bareng gebetan. Belum selesai, saat jalan pulang ternyata kamu bertemu kawan lama sehingga ngobrol banyak dengannya di kafe lagi dan lagi.

    Segelas kopi di kafe saja sudah lumayan menguras dompet, apalagi jika kamu malah memesannya berkali-kali dalam sehari. Padahal kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ketika bersama teman, kamu juga bisa melakukan banyak hal selain ngopi, misalnya jalan-jalan di sekitar kompleks atau menikmati bekal buatan sendiri yang lebih menyehatkan.

  3. Memilih produk makanan bermerk

  4. Sadarkah kamu bahwa pengeluaran paling besar berasal dari makanan? Itu karena kamu membutuhkannya setiap hari, mulai dari camilan yang berupa keripik atau cookies, sampai bahan-bahan dapur seperti saus dan kecap. Makanan bermerk dari perusahaan ternama memang sangat menggiurkan. Mereka dipromosikan di televisi dan di berbagai platform dengan kemasan yang menarik. Namun juga ada banyak makanan-makanan serupa yang harganya jauh lebih terjangkau, loh. Memilih bahan makanan dan camilan dengan harga terjangkau akan menghemat banyak pengeluaranmu.

  5. Membuang sisa makanan

  6. Satu lagi urusan makanan yang tampaknya sepele namun sebenarnya krusial. Untuk kamu yang sering buang-buang makanan, kini saatnya kamu lebih menghargai mereka. Saat perut sudah penuh dan tak sanggup lagi menampung makanan, jangan langsung dibuang, tetapi coba simpan di lemari es dan bisa kamu makan lagi untuk keesokan harinya. Kamu juga bisa minta bungkus makanan yang tidak habis kamu makan saat di resto.

  7. Air kemasan

  8. Jika kamu selalu memilih air kemasan daripada bawa bekal minum sendiri dari rumah, tanpa sadar kamu telah buang-buang uang. Harga satu galon air biasanya jauh lebih murah daripada tiga atau lima botol air mineral. Sementara air kemasan akan habis dalam sekali dua kali teguk, air galon akan bertahan lebih lama. Akan lebih hemat jika kamu ambil botol sendiri, isi air galon yang ada di rumah, dan bawa sebagai bekal beraktivitas. Akan lebih hemat, kalau kamu mau merebus sendiri air yang kamu konsumsi.

  9. Barang-barang fancy

  10. Di luar sana memang ada banyak produk-produk keren yang siap menggoda siapa saja untuk membawanya pulang. Misalnya, kamu jalan ke mall lalu mendapati kacamata kece yang dipajang di sana dan mencobanya di depan kaca. Jangan buru-buru ke kasir untuk membayarnya, pertimbangkan lagi apakah kamu benar-benar butuh kaca mata saat ini?

Untuk mengerem sifat boros, selalu pikirkan dahulu apakah barang yang hendak kamu beli benar-benar kamu butuhkan. Siapa tahu ternyata kamu juga masih punya barang itu di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *