Tips Agar Fokus Bekerja Bagi Wirausahawan Sosial

Seringkali anda sibuk memikirkan hal-hal yang jauh dari saat ini karena merasa was-was ataupun tidak tenang. Anda juga mungkin melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak sejalan dengan tujuan atau cita-cita utama anda. Hal iniah yang dinamakan kurangnya fokus yang bisa berakibat negatif untuk diri anda sendiri. Belum lagi jika anda tidak memiliki fokus untuk usaha yang sedang anda geluti. Pastinya akan membuta rencana-rencana anda gagal di tengah jalan. Kalau sudah begitu, siapa yang rugi? Tanya saja kepada diri anda sendiri. Nah kali ini kita akan membahas topik yang cukup krusial bagi para pelaku bisnis. Bagaimana cara untuk fokus bekerja untuk usaha yang sedang anda kerjakan. Penasaran? Ikuti pembahsan lengkapnya di bawah ini ya:

  1. Niat

  2. Buat diri anda yakin dulu, apa niat yang benar-benar membuat anda yakin bahwa anda akan sukses. Setelah itu tuliskan dan tempelkan di tempat yang sering anda lewati. Dengan begitu anda bisa sering-sering membacanya dan mengingatnya. Hal ini penting dilakukan untuk membantu alam bawah sadar anda memahami niat dan tujuan utama melakukan dan membangun usaha anda.

  3. Tentukan tujuan

  4. Buatlah tujuan jelas yang bisa anda proyeksikan dari dalam pikiran anda. Apakah anda ingin membantu anak-anak jalanan di sekitar lingkungan anda atau mungkin anda ingin membangun sebuah rumah singgah bagi orang-orang yang kurang mampu. Ciptakan euforia di dalam diri anda untuk membantu memvisualisasikan keinginan dan tujuan anda. Tujuan yang baik tetunya akan mengarahkan anda untuk melakukan berbagai usaha untuk meraihnya. Lihat saja berbagai perusahaan besar tentunya mereka memiliki value yang menjadi landasan dan acuan langkah mereka sehingga bisa melangkah jauh dan sukses.

  5. Ciptakan target

  6. Mulai sekarang, buat target-target kecil yang bisa anda jangkau. Selalu lakukan evalusi di setiap minggunya. Akan mudah bagi anda utnuk mengerjakan target-target kecil terlebih dahulu bukan? Setelah semua sudah terlaksana, segera tingkatkan kelas anda. Meningkatkan target tentunya akan sedikit susah, namun percayalah dengan bekal di waktu-waktu sebelumnya akan memudahkan anda untuk menyelesaikan semua tugas-tugas anda. Bagaimana, sudah siap dengan target yang harus anda capai minggu ini?

  7. Buat skala keberhasilan

  8. Membuat skala keberhasilan akan membutuhkan banyak usaha karena ini menyangkut pengukuran tanggung jawab anda. Bisa saja anda menciptakan skala keberhasilan dengan menuliskan tingkatan provit terbaru. Namun hal itu juga harus diimbangi dengan pekerjaan anda. Jangan sampai anda hanya menciptakan target di luar kemampuan yang bisa anda capai. Ingat bahwa target anda akan bertahap mengikuti usaha yang sudah anda lakukan oleh karena itu keberhasilan yang anda peroleh juga akan berjalan secara bertahap. Jadi ciptakan skala keberhasilan sesuai dengan kondisi yang ada.

Kesimpulan dari keempat poin penting di atas adalah selalu perhatikan target yang anda punya. Dengan begitu anda akan memiliki fokus tersendiri untuk membuat diri anda selalu memikirkan langkah apakah yang akan anda ambil. Hal ini penting diperhatikan karena kebanyakan dari pelaku usaha tidak mengusahakannya dengan maksimal karena fokus mereka terbagi untuk urusan lain. Prioritaskan apa yang penting bagi anda. dengan menempatkan sesuatu di tempat terpenting akan membuat anda selalu memikirkan hal tersebut. Terus buat kemajuan dalam usaha anda dan salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *