Hindari 5 Pengeluaran Ini Agar Kamu Tetap Bisa Menikmati Uang Gajian Dari Awal Sampai Akhir Bulan

Jatah gaji baru saja kamu terima beberapa hari yang lalu, tetapi entah bagaimana seakan semuanya kini menguap begitu saja ke udara. Padahal seharusnya, uang gaji ini lebih dari cukup untuk biaya hidup di kota. Saat dipikir ulang, malah harusnya masih ada sisa uang gaji yang bisa kamu belanjakan untuk travelling, wisata kuliner, atau membeli beberapa produk incaran.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena pengeluaranmu tidak terkontrol. Kamu sibuk membeli mainan padahal kamu bisa menggunakannya untuk membeli aset berharga. Alhasil, kamus sama saja dengan buang-buang uang. Agar keuangan tetap aman terkendali, cobalah hindari 5 pengeluaran berikut ini.

  1. Mengabaikan nota pembelian yang mungkin terjadi kesalahan perhitungan

  2. Cek dengan teliti item serta angka yang tercetak di dalam struk pembelian untuk mengetahui apakah barang yang kamu beli sudah dihitung dengan benar. Kamu bisa segera mengajukan keluhan dengan menyerahkan bukti tersebut jika ternyata uang kembalianmu kurang.

  3. Pertemuan makan malam di restoran mahal

  4. Berkumpul bersama teman atau kolega memang dapat mempererat tali persahabatan. Namun jika kamu harus selalu masuk ke restoran atau tempat-tempat lain yang membanderol harga super tinggi dan terpaksa mengikuti aturan bayar dengan bagi rata, baiknya tidak perlu memaksakan diri untuk ikut. Saat keuanganmu pas-pasan, pastikan kamu membayar sesuai pesanan kamu tanpa harus menanggung pesanan orang lain.

  5. Membiarkan listrik menyala saat meninggalkan rumah

  6. Jelas hal ini akan membuat tagihan listrik membengkak. Pastikan kamu matikan lampu atau mencabut kabel-kabel barang elektronik sebelum keluar rumah agar tidak boros listrik. Jangan sampai kamu terkena pemadaman listrik karena tak mampu bayar tagihan. Akan ada banyak kesulitan jika kamu tidak bisa menikmati listrik, maka gunakan listrik dengan bijak.

  7. Selalu membeli barang branded

  8. Barang bermerk memang menjanjikan kualitas yang baik. Namun bukan berarti barang-barang biasa selalu buruk. Asalkan kamu pandai memadupadankan sesuatu serta merawatnya dengan baik, maka barang biasa pun tampak seperti barang branded yang berkelas.

  9. Memaksakan gaya hidup kalangan menengah ke atas

  10. Jangan biarkan kamu terlena dengan pandangan orang lain lantas memaksakan diri untuk selalu tampil mewah mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut. Kamu juga tidak perlu selalu pergi ke tempat-tempat jauh demi dianggap sebagai traveller dunia atau makan makanan nge-hits setiap saat demi dianggap sebagai anak kekinian. Semua hal itu tidak akan menambah nilai dirimu kecuali kamu mampu menunjukkan perangai yang baik kepada orang lain.

Ingatlah selalu bahwa kamu adalah pemegang kendali dari setiap rupiah yang kamu hasilkan, bukan sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *