Perhatikan Ini Sebelum Mengelola Blogmu

Jika anda tertarik untuk memulai aktif di dunia blogger Indonesia, anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal yang penting untuk menjalankan blog anda. Sebenarnya tidak ada yang khusus dalam menjalankan aktivitas blogging, anda hanya harus memperhatikan keunikan yang anda miliki untuk menarik perhatian banyak pengunjung. Kegiatan kepenulisan di blog memang menuntut anda untuk mempertimbangkan selera pembaca. Banyak dari blogger yang menciptakan gaya-gaya tulisan menarik yang cukup membuat banyak pengunjung ketagihan untuk mengunjungi halaman blog mereka. Bagi anda para pemula, jangan khawatir anda bisa memperhatikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola blog. Tentunya beberapa hal di bawah ini akan membantu mengangkat rate di blog anda. Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Pilih tema blog

  2. pilih tema

    Ketika anda pertama kali ingin membuat blog pastinya sudah memiliki bayangan tentang tema yang akan anda ambil. Tema sangat berpengaruh penting untuk kelangsungan blog anda karena ia mengatur segala konten dan material yang akan anda buat. Bisa saja anda tidak menentukan tema apa yang akan anda ambil, namun tentunya tidak akan spesifik. Hal ini akan membuat bingung pembaca anda. Anda bisa memilih tema misalkan girl’s stuff yang berisi tentang segala review produk-produk perempuan atau memilih tema otomotif yang akan membicarakan hal-hal berbau otomotif. Dengan begitu jika pengunjung anda membutuhkan informasi-informasi mengenai kedua hal diatas mereka akan langsung menuju halaman anda. Kesimpulannya adalah, tema untuk blog anda sangatlah penting untuk mendeskripsikan jenis dari blog anda.

  3. Tentukan konten

  4. pilih ide

    Istilah blog anda dengan material yang unik, menarik dan berbobot. Jangan hanya asal mengunggah tulisan tanpa maksud dan tujuan yang jelas. Jika anda berminat untuk serius dengan blog anda, lakukan semuanya dengan terarah dan profesional. Jangan sampai anda memberikan kesan bahwa anda main-main dan tidak memiliki keinginan tinggi untuk membuat blog. Pengunjung tidak akan kembali mengunjungi blog anda jika mereka merasa tidak ada sesuatu yang bisa didapat dari blog anda. Jika perlu pelajari bagaimana blogger sukses menuliskan konten mereka. Jangan malas untuk membaca blog lain untuk menjadi referensi anda. Dengan begitu anda bisa belajar lebih.

  5. Pahami cara nge-blog

  6. pahamiii

    Mulai dari penentuan judul artikel yang akan anda posting sampai ukuran tulisan, media apa saja yang akan tampilkan semua harus sesuai dengan standar yang ada. Namun jika perlu ciptakan standar anda sendiri. Standar di sini adalah tingkat kenyamanan tulisan untuk pembaca. Misalnya, untuk font yang akan anda gunakan jangan terlalu ribet sampai susah dibaca. Ukurannya juga jangan terlalu besar dan kecil. Pilihlah ukuran yang sekiranya orang lain nyaman untuk membacanya. Jangan lupa juga dengan hiasan untuk postingan anda. Aturlah agar tidak terlalu banyak gambar ataupun video, namun juga jangan sampai postingan anda kering dengan tulisan saja. Semua harus dalam keadaan seimbang.

Itulah tiga hal yang harus anda perhatikan sebelum benar-benar memulai rutinitas nge-blog. Anda bisa saja tidak menghiraukan tiga hal di atas, yang terpenting adalah buat agar postingan anda berkualitas dan nyaman untuk dibaca. Karena saat pembaca anda nyaman dengan tulisan anda, mereka akan kembali lagi untuk mencari hal-hal terbaru dari blog anda. Tentunya itu yang anda inginkan bukan? tetap semangat dan salam suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *