Cara Membuat Laporan Kegiatan yang Baik dan Benar

Bagi pelajar, mahasiswa dan pegawai sutau perusahaan tentunya laporan sudah menjadi teman yang selalu ada di hampir smeua kegiatan. Entah dalam bentuk laporan kegitan belajar, laporan kegiatan acara, laporan pembelajaran, laporan hasil kerja dan lainnya. Oleh karena itu, semua dituntut untuk mengerti pembuatan laporan kegiatan. Namun apakah laporan kegiatan yang telah anda buat itu benar dan sesuai dengan aturan resmi? Dalam pembuatan laporan ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan karena menyangkut pembaca. Bayangkan saja jika laporn yang anda buat tidak lengkap ataupun ada salah pelaporan, tentunya tidak akan baik untuk anda bukan? Jika anda belum yakin, jangan khawatir kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat laporan kegiatan yang baik dan benar. Perhatikan selengkapnya dbawah ini ya:

  1. Pendahuluan

  2. Di sini anda akan menjelaskan mengenai background acara atau kegiatan yang sudah anda lakukan serta tujuan dari diadakannya acara tersebut. Berikan kejelasan tempat dan waktu pelaksanaan secara singkat.

  3. Uraian Kegiatan

  4. Di sini anda akan mmeberikan gambaran atas seluruh kegiatan yang sudah anda lakukan. Berikan penjelasan untuk acaranya berupa waktu, tempat dan juga apa saja yang telah dilakukan. Cantumkan juga susunan acara pada kegiatan tersebut.

  5. Penutup

  6. Anda akan menutup laporan anda sekaligus memberikan kesimpulan atas acara yang sudah dilakukan.

  7. Lampiran

  8. Di bawah bab penutup, anda juga bia menambahkan lampiran berupa foto sebagai dokumentasi acara tersebut. Bagaimanapun juga foto akan merepresentasikan bagaimana keberlangsungan acara anda.

Ketiga hal utama tersebut bisa langsung anda jadikan referensi untuk membuat laporan kegiatan anda. Setelah ini kita akan membahas mengenai detail dari format laporan kegiatan yang anda buat. Perhatikan selengkapnya di bawah ini ya:

  1. Kata pengantar

  2. Berisi tentang backround mengapa acara ini ada beserta tujuan singkat dibentuknya acara tersebut.

  3. Daftar isi

  4. Tuliskan alamat halaman dari masing-masing bab untuk memudahkan pembaca mencari informasi yang dibutuhkan.

  5. Pendahuluan

  6. Penjelasan mnegenai keseluruhan acara anda, tuliskan selengkapnya. Masukkan juga alasan-alasan dibuatnya acara tersebut.

  7. Tujuan kegiatan

  8. Jelaskan mengapa acara ini dibentuk atau apa yang melandasi tujuan acara ini dibentuk. Paparkan secara jelas dan ringkas.

  9. Isi

  10. Pada bab ini anda akan menjelaskan secara rinci mulai dari apa acaranya, siapa saja yang akan menghadiri, apa saja yang akan ditampilkan dan bagaimana run down dari acara tersebut.

  11. Saran

  12. Pada laporan kegiatan ini, anda akan memberikan saran untuk pelaksanaan cara berikutnya. Apakah dari segi pelaksanaan yang lebih diperbaiki atau dari segi acaranya sendiri.

  13. Penutup

  14. Beri ringkasan untuk kegiatan yang sudah anda lakukan. Penutup juga menjadi bab yang akan menutup laporan kegiatan anda.

  15. Daftar Pustaka

  16. Sebutkan dari mana sajakah referensi yang anda dapat. Daftar pustaka bisa berupa sumber dari media cetak seperti koran atau majalah. Bisa juga dari media online seperti portal berita online dan lainnya.

  17. Lampiran

  18. Berikan lampiran berupa foto-foto kegiatan di saat pembukaan, pertengahan acara dan penutupan. Foto tersebut juga akan mewakili kelengkapan laporan anda.

Itulah apa saja hal yang harus ada dalam laporan anda. semoga dapat dijadikan referensi untuk pembuatan laporan anda selanjutnya. Segera praktekkan pembuatan laporan kegiatan anda. selalu semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *