Ingin Bikin Animasi? Ini Aplikasinya!

Menurut artinya sendiri, animasi adalah suatu gambar yang bisa bergerak karena terbentuk dari sekumpulan objek yang disatukan dalam satu format. Gambar tersebut diatur untuk menciptakan suatu pergerakan yang sealur yang sudah ditentukan sebelumnya. Gambarnya pun bervariasi sesuai dengan keinginan si pembuat, bisa menggunakan hewan, bunga, manusia dan lainnya. Si pembuatnya atau biasa disebut sebagi animator harus memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu timing atau penciptaan alur waktu dari awal mula sampai akhir objeknya.

Mengapa animasi banyak dinikmati?

Saat ini banyak film, game dan juga media lainnya yang menggunakan animasi sebagai dasar pembuatan. Sampai-sampai bidang pembelajaran juga menggunakan animasi. Oleh karena dunia animasi semakin lebar dan berkembang. Lalu apa sajakah keuntungan anda memiliki skill dalam bidang animasi? Cek di bawah ini:

  1. Animasi untuk mencari penghasilan, bukan suatu rahasia lagi bahwa kebutuhan akan desain animasi semakin meningkat. Tentunya ini adalah suatu lahan penghasilan yang menarik.
  2. Menekuni hobi dan passion, Anda bisa melakukan hal- hal yang anda sukai dengan mempelajari animasi.
  3. Sebagai hiburan di kesibukan rutinitas harian, tiddak jarang para animator adalah seseorang yang hanya part time membuat animasi. Mereka kebanyakan adalah seorang karyawan atau mahasiswa yang mencoba mencari suatu hiburan dari kesbukan mereka.

Animasi sudah menjadi sesuatu yang favorit bagi sebagian orang yang memang menyukai bidang desain. Namun jangan khawatir bagi anda yang masih baru mempelajarinya. Kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi animasi yang bisa anda coba dan tentunya yang sudah terverifikasi gratis ya. Jika anda ingin mempelajari dunia desain animasi lebih jauh, baca artikel ini sampai habis ya karena kita sudah menyiapkan penjelasan beberapa apliaksi untuk kamu gunakan sebagai media pembelajaran. Yuk langsung aja baca datanya di sini:

Yang pertama adalah Aurora Animasi 3D Maker. Aplikasi ini lebih kepada editing film animasi terbatas. Anda bisa menambahkan beberapa tambahan di film animasi anda seperi watermark dan juga editing lainnya. Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dan tentunya fitur penambahan animasi antarmuka membuat aplikasi ini menjadi salah satu yang paling populer.

Kedua, Sqirlz Morph. Ini juga merupakan salah satu aplikasi populer yang sering digunakan untuk membuat suatu animasi. Animasi trasnsisi morphing yang mulai digemari menggunakan aplikasi ini, nah karena itulah banyak yang mulai menggunakan aplikasi sqirlz.

Ketiga, blender. Merupakan software terbaik untuk menciptakan animasi dalam bidang grafik 3D. Mulai game 3D sampai animasi video 3D bisa anda ciptakan melalui aplikasi blender ini. Penasaran? Langsung saja gunakan variasi fitur yang ditawarkan oleh blender dan ciptakan karya terbaikmu.

Kempat, synfig studio. Aplikasi ini memiliki bnayak fitur yang memudahkan para animator pemula untuk memperlajar animasi 2D, vektor sampai bitmap. Menggunakan aplikasi ini anda dapat menciptakan aneka animasi 2D semudah dan sesingkat profesional. Aplikasi ini juga tersedia untuk Linux, Windows dan Mac.

Itulah beberapa aplikasi atau software untuk membuat animasi bagi anda para pemula ataupun profesional. Anda dapat mulai mempelajarinya secara otodidak dengan memperhatikan arahan-arahan yang akan memandu anda di dalam aplikasi tersebut atau pun komunitasnya. Jangan ragu untuk bertanya dan juga mencari tambahan informasi lainnya dari sang ahli. Tetap semangat dan tunggu informasi-informasi mnearik lainnya di sini ya. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *