Budidaya Ikan Hias Bisa Menyelamatkan Masyarakat dari Kemiskinan

Di jaman yang serba ada sekarang, masyarakat memang dituntut untuk lebih kritis untuk mencari peluang-peluang kreatif yang bisa memberikan mereka penghasilan lebih. Siapa yang tidak mau mendapat banyak pendapatan yang bisa digunakan untuk menambah dana kebutuhan sehari-hari. Nah, sekarang ini anda bisa mengikuti selera pasar yang sedang mnegarah ke dunia perikanan hias. Tentunya anda sudah sering mendengar beberapa jenis ikan hias yang kerap kali disebutkan oleh orang-orang pada umumnya. Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik? Jika iya lanjutkan untuk membaca artikel ini ya! Kali ini kita akan membahas bagaimana budidaya ikan hias dapat meningkatkan kesejahteraan.

Seperti yang kita ketahui bahwa budidaya ikan hias cukup populer di kalangan masyarakat luas karena cara perawatannya yang mudah dan juga hasilnya yang menguntungkan. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu peluang yang bisa anda ambil. Tidak rumit, anda hanya perlu mempelajari cara dasar dan juga tipe-tipe ikan yang akan anda pelihara. Di bawah ini anda akan mempelajari beberapa nama-nama ikan hias yang sering diperjualbelikan di Indonesia. Cek di bawah ini ya:

  1. Ikan cupang

  2. sumber: Bambang Sugianto (Google+)
    sumber: Bambang Sugianto (Google+)

    Salah satu ikan yang paling digemari karena selain bentuknya yang cantik, harganya juga sangat murah untuk dibeli. Terdapat beberapa jenis ikan cupang dari yang seharga 3000 rupiah sampai 300 ribu rupiah.

  3. Ikan koi

  4. koi
    Banyak yang memelihara ikan koi ini karena terinspirasi dari orang-orang Jepang. Warna dan motif yang sangat khas membuat banyak orang rela membayar sampai jutaan rupiah untuk jenis ikan ini.

  5. Ikan Louhan

  6. ikan-hias
    Jenis ikan hias ini memiliki karakteristik berupa tonjolan di daerah kepala. Warna dan juga motifnya juga bervariasi. Inilah yang membuat harganya sedikit lebih mahal.

  7. Ikan guppy

  8. clown-fish
    Biasa disebut ikan badut, sesuai dengan bentuk dan juga motif siripnya. Berwarna-warni dan juga cerah. Ikan ini berukuran kecil dan gemuk, anda akan sangat menyukainya.

Melalui budidaya ikan hias seperti di atas anda bisa mendapatkan banyak profit yang akan menambah penghasilan anda. tentunya akan sangat membantu anda untuk mendapatkan dana tambahan. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha ini.

Jika dilihat dari skala keberhasilan, usaha budidaya ikan hias memiliki persentase yang cukup besar. Untuk hal perawatan anda tidak akan membutuhkan peralatan yang cukup mahal. Namun, kembali lagi dengan ikan yang anda kembangkan. Jika jenisnya merupakan yang premium di kelasnya tentunya akan berbeda dalam hal penanganannya. Lalu apa sajakah yang perlu anda siapkan? Tidak ada yang terlalu spesial. Hanya saja peralatan dasar untuk memelihara ikan. Seperti akuarium, tentu saja anda membutuhkannya untuk memberi wadah bagi ikan-ikan tersebut untuk berkembang biak.

Anda harus membedakan ikan manakah yang butuh dipisahkan dan digabungkan. Karena tidak jarang ikan-ikan tersebut mati karena kalah bertarung dengan ikan lainnya. Yang kedua adalah pakan ikan yang sesuai, anda membutuhkan pakan ikan yang baik untuk mencukupi kadar kebutuhan ikan tersebut. Dan juga anda akan berhubungan dengan alat bantu oksigen. Alat inilah yang akan membuat gelembung-gelembung kecil di tempat ikan-ikan anda berada. Itulah beberapa alat yang anda butuhkan untuk mulai membudidayakan ikan cantik anda. Jika anda memiliki pertanyaan yang tidak anda mengerti, jangan ragu untuk menanyakannya pada orang yang anda yakini paham dan mengerti hal ini. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *