Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Jadi Wirausahawan Sosial

Siapa yang bilang jika menjadi ibu rumah tangga akan menutup segala kemungkinan anda untuk bekerja dan menjadi aktif? Tenang, itu tidak benar. Menjadi ibu rumah tangga tetap menciptakan ruangan besar bagi anda untuk lebih kreatif, aktif dan tentunya memiliki banyak koneksi. Jika anda salah satu ibu rumah tangga yang sedang mencari kegiatan-kegiatan yang akan membuat anda menyalurkan lebih banyak tenaga dan semangat, ini adalah kesempatan anda untuk mendapatkan informasi-informasi menarik. salah satunya adalah menjadi ibu rumah tangga yang memiliki penghasilan sendiri melalui bisnis yang diciptakannya. banyak sekali manfaat sebagai ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan sendiri. jika tidak percaya, baca penjelasannya dibawah ini:

Menambah pengahasilan keluarga, anda dan keluarga bisa menambah dana untuk tabungan. Semakin banyak penghasilan yang kalian kumpulkan, tentunya akan semakin banyak cita-cita yang segera terlaksanakan bukan?

Jadi lebih aktif, siapa yang tidak ingin memiliki kesibukan yang postif? Anda bisa menjalankan berbagai bisnis di rumah. Tidak perlu repot-repot bekerja dari pagi sampai sore dengan meninggalkan rumah. Anda tetap bisa mengontrol anak-anak anda sambil mengerjakan usaha anda. Tentunya anda tidak akan bosan seharian di rumah.

Menambah relasi, mempunyai bisnis berati anda menciptakan koneksi-koneksi baru yang belum anda kenal sebelumnya. Akan banyak orang-orang baru yang akan anda kenal. Dengan membuat suatu usaha, anda bisa berhubungan dengan banyak konsumen maupun rekan bisnis. Hal ini bagus, anda akan memiliki banyak peluang-peluang baru yang tidak anda sangka-sangka.

Itulah beberapa manfaat menjadi ibu rumah tangga yang memiliki usaha sendiri. Anda bisa mendapatkan aneka keuntungan lainnya. Termasuk tambahan alokasi untuk membeli kebutuhan-kebutuhan lainnya. Lalu sudahkah anda memiliki ide untuk mulai membnagun usaha anda? jika belum, jangan khawatir. Anda bisa membaca contoh kisah inspiratif dari dua ibu rumah tangga yang berhasil menciptakan usaha mereka sendiri. silakan baca dibawah ini:

  • Mama Tata penghasil sorgum

  • Mama Tata di tengah ladang sorgum
    Mama Tata di tengah ladang sorgum

    Maria Loretha alias mama tata menghidupkan kembali budaya pangan lokal di NTT melalui pembudidayaan dan konsumsi sorgum. Pada era Orde Baru, pangan lokal ini “dimatikan” dan digantikan dengan beras – yang ternyata tidak cocok dengan alam kering NTT. Hal ini berujung pada masalah pangan, gizi, kesehatan, dan kemiskinan yang tiada habisnya. Mama tata melihat sorgum sebagai solusi ketahanan pangan di wilayah yang dikenal miskin di Indonesia. Inilah kegiatan dia hampir setiap hari untuk memastikan semuanya berjalan dengan benar. Sudah lebih dari 40 hektar lahan yang mereka gunakan untuk menanam sorgum di kawasan semi ringkai atau semi kering tersebut.

  • Mama Desy catering

  • AoGdE_IF-AcqUpWcocVNHoO9rkC6n--R47tgaX5ow9t_
    Meski memiliki keterbatasan sebagai penyandang skoliosis (pembengkokan tulang), ibu Desy dapat merintis Desy Catering, usaha kuliner rumahan, yang memberdayakan remaja putus sekolah. Walaupun putus sekolah, perempuan tetap harus memiliki skill untuk bertahan hidup dan mengembangkan dirinya, kata ibu desy. Desy Catering merupakan sebuah usaha rumahan yang bergerak di bidang kuliner, yaitu catering, nasi kotak, dan nasi tumpeng. Ibu Desy berwirausaha hampir selama 5 tahun. Sangat menginspirasi bukan? Anda tentunya bisa menciptakan ide-ide lain yang bisa anda kembangkan.

Bagaimana, sudahkan anda mendapatkan ide baru untuk membangun usaha anda? yang terpenting adalah jangan mudah menyerah. Tetap semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *