Ingin Usaha Sampingan Buka Bisnis Travel? Ini Kiatnya!

Bisnis travel di Indonesia masih menjadi peluang besar bagi anda yang ingin membangun usaha dalam lingkup pariwisata. Bagaimana tidak? Kita memiliki banyak sumber daya yang bagus untuk dijadikan acuan dan pendukung bisnis travel. Mulai dari pulau terluar yang memiliki akses langsung menuju pantai dan laut eksotis Indonesia sampai pulau terdalam yang menjadi tujuan pendakian.

Bagaimanapun juga jika dilihat lagi, ini merupakan suatu peluang bisnis yang baik. Bagaimana bisa? banyak kawasan wisata yang belum memiliki akses transportasi yang baik, inilah yang menjadi peluang bagi anda. Selain itu bisnis travel juga sangat dibutuhkan di banyak kota-kota besar karena tingkat mobilisasi yang sangat tinggi. lalu bagaimanakah kiat untuk mendirikan suatu usaha travel? Simak kiat-kiatnya berikut ini.

  1. Tentukan jenis travel apakah anda

  2. Menjadi agensi travel pariwisata ataupun travel komuter yang menghubungkan kota satu dan lainnya memang pilihan anda. pikirkan baik-baik manakah yang paling sesuai dengan anda. Perhatikan penjelasan berikut ini.

    Jika anda memilih sebagai travel pariwisata, anda membutuhkan mobil jenis besar yang bisa menampung banyak orang. Karena bertujuan ke daerah-daerah wisata, sebaiknya anda melengkapi perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat konsumen anda semakin nyaman. Seperti bantal leher, minuman ringan sampai selimut tipis.

    Siapkan rute yang anda tawarkan, sebaiknya sediakan wisata terdekat yang berada dilingkungan anda. Seorang pemandu wisata juga menjadi tambahan yang bisa anda siapkan. Namun jika anda memilih agensi travel yang melayani mobilisasi antar kota dalam satu provinsi atau luar provinsi, mobil yang berukuran lebih kecil tidak menjadi masalah. Tentukan juga kota manakah yang bisa anda tawarkan. Sesuaikan dengan jam macet dan hal efektif, perhatikan bahwa anda juga harus kembali ke tempat asal. Jadi jangan sampai terlambat ketika mengantar konsumen ke tempat tujuan karena akan mempengaruhi perjalanan selanjutnya.

  3. Berikan penawaran terbaik

  4. Memberikan servis atau pelayanan di dunia jasa menjadi poin penting dan utama. Anda akan diingat sebagai pengusaha travel yang baik atau yang tidak menyenangkan. Selalu jaga sikap, buat konsumen anda senang dan nyaman. Dengan begitulah mereka akan kembali menggunakan jasa agensi travel anda. ingatlah untuk menanyakan bagaimana kesan mereka dalam menggunakan layanan travel anda. perhatikan pula pemilihan driver atau supir yang akan mengantar konsumen anda ke tujuan karena dia sebagai representative agensi travel anda. jika ia bisa memberikan kesan baik maka baguslah citra agensi anda. Maka jangan ragu untuk memberikan suatu matrikulasi saat proses perekrutan.

  5. Lakukan kerjasama

  6. Hal terakhir yang bisa anda pertimbangkan adalah kerjasama dengan pihak-pihak lain. Seperti misalnya jika agensi travel anda bertujuan ke beberapa kota dalam atau luar provinsi tentunya konsumen anda akan membutuhkan makan siang atau malam sesuai dengan waktu perjalanan mereka. Nah inilah peluang baru bagi anda, make a deal untuk reservasi tempat makan dan dapatkan potongan harga. Dengan begitu ini akan menjadi poin tambahan untuk agensi anda. bagaimana tertarik?

Itulah ketiga kiat yang bisa anda ikuti. Jangan lupa untuk mengecek keamanan mobil travel yang akan berangkat ke tempat tujuan. Selalu utamakan keselamatan dimanapun anda berada. Bagi anda yang belum yakin mengenai bisnis ini, silakan cari juga beberapa review tentang bagaimana menjalankan bisnis travel ini. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *