Membuat Bisnis Tanpa Modal

Jika anda masih bertanya- tanya bisnis apa yang sekiranya bagus untuk dilakukan. Anda perlu mendengarkan nasehat dari pengusaha tenar, Bob Sadino, jika bisnis terbaik adalah yang dilakukan, saat ini juga.

Tidak perlu banyak berpikir lama- lama untuk menentukan bisnis apa yang akan digeluti. Cukup pilih bidang yang anda sukai, bisnis yang membuat anda rela tidak tidur semalaman untuk mengerjakannya. Bagi anda yang merasa sudah mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan namun terkendala modal, atau malah belum memiliki ide apapun untuk membuat bisnis karena terhalang oleh dana jangan khawatir. Kali ini kami akan membagikan rahasia berbisnis tanpa modal uang sepeserpun, anda hanya perlu usaha yang keras.

  1. Perbanyak relasi

  2. relasi
    Semua orang pasti setuju jika banyak mempunyai teman baik memiliki banyak manfaat. Salah satunya jika anda berniat untuk membuka bisnis baru, tidak akan sulit untuk mempromosikan bisnis anda karena adanya teman- teman anda yang berasal dari banyak latar belakang yang berbeda.

    Relasi disini juga bisa dianggap sebagai orang- orang berpengaruh yang anda kenal, meskipun tidak selalu bertemu. Jadi jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan siapapun, karena kita tidak akan tahu kapan kita akan membutuhkan bantuan mereka.

  3. Ciptakan peluang dan Jadilah kreatif

  4. peluang
    Anda tidak bisa mengandalkan kesempatan, andalah yang harus menciptakan peluang bagi anda sendiri. Memasuki dunia bisnis tidak melulu soal berapa besar modal yang anda punya, cukup semangat dan beranikan diri untuk mengambil resiko.

    Untuk menciptakan bisnis anda sendiri, berinovasi adalah kuncinya. Putar otak anda se-kreatif mungkin untuk mendapatkan ide yang segar. Anda juga bisa menggunakan ide yang telah ada, namun jangan lupa untuk menambahkan sesuatu. Lihat celah yang ada untuk menemukan jalan- jalan baru.

    Saat ini sudah banyak bisnis kreatif yang sedang berkembang, beberapa dari mereka menggunakan strategi pemasaran unik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hasilnya? Sangat mengagumkan.

  5. Jadilah distributor atau Sediakan Jasa

  6. jasa
    Untuk memulai membuka restoran anda tak perlu menjadi seorang koki bukan? Mudah saja, carilah koki untuk anda pekerjakan di restoran anda. begitu juga untuk memulai suatu bisnis lain, anda tak perlu harus memproduksi sendiri barang- barang yang akan anda jual. Anda bisa menjadi agen yang bertugas mendistribusikan suatu barang ke konsumen.

    Misalnya saja anda tertarik untuk membuka suatu butik di kota anda, namun terhalang karena budget yang minim. Tekad dan keinginan yang kuat akan membuat anda bisa menciptakan kesuksesan sendiri. Cobalah untuk menjadi penyedia pelayanan jasa bagi bisnis lain. Misalnya saja anda bisa menawarkan jasa pengantaran suatu produk dari pabrik pembuatannya menuju ke tempat konsumen atau agen- agen distributor dari produk tersebut.

    Dengan kata lain anda ikut menjadi salah satu elemen pendukung bisnis tersebut. Lakukan kegiatan bisnis dengan sistem multiplier seperti ini, anda bisa mendapatkan pemasukan berkali lipat untuk metode yang sama. Jika anda tidak memiliki banyak kendaraan pribadi, ajak orang lain untuk membantu anda.

    Gunakan sistem pembayaran di depan untuk menutupi kebutuhan pengiriman anda. Bukankah anda sudah bisa disebut sebagai pebisnis dengan melakukan hal- hal simple seperti ini. Jika anda sudah bisa mendapatkan kepercayaan, anda bisa dengan mudah mengembangkan bisnis ini.

Kini anda tidak mempunyai alasan untuk berkata bahwa anda tidak bisa berbisnis karena terhalang oleh modal. Segera petakan alur usaha anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *