Peluang Membuka Akses Kerja untuk Masyarakat yang Membutuhkan

Saat ini tentunya anda sudah sering mendengar tentang masalah kurangnya lapangan pekerjaan untuk para lulusan sekolah menengah sampai perguruan tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jumlah lulusan pendidikan di Indonesia seperti pola bilangan yang berurutan namun berbanding terbalik dengan keadaan lapangan pekerjaan yang tersedia, konstan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Tentunya hal ini tidak seimbang. Bisakah anda bayangkan para lulusan yang berjumlah ratusan ribu tersebut di setiap tahunnya membutuhkan pekerjaan yang bisa memberikan peghasilan kepada mereka, di lain sisi para golongan dewasa masih tetap pada posisi pekerjaan mereka. Tidak ada pergerakan dalam peningkatan lapangan pekerjaan. Dalam kondisi saat ini, para lulusan tersebut kebanyakan menganggur. Hal ini tentunya membawa dampak buruk bagi tingkat kesejahteraan sosial di Indonesia. Akan semakin banyak angka kriminalitas yang bermunculan, anak-anak putus sekolah dan hal-hal buruk lainnya.

Tapi sekarang sebagai generasi globalisasi yang memiliki revolusi mental, tidak seharusnya kita berdiam diri tanpa memberikan solusi bukan? Nah inilah saatnya anda melakukan suatu usaha yang dapat memperbaiki situasi. Salah satunya adalah membukan lapangan pekerjaan baru. Wah terdengar sangat sulit dan rumit ya? Jangan kaget dulu, membuka lapangan pekerjaan tidak sesulit yang anda bayangkan kok. Mudah saja, buatlah usaha anda sendiri. Ketika anda sudah memiliki pekerjaan, tentunya akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Setelah anda menciptakan usaha anda, langkah selanjutnya adalah mengembangkannya.

Selain berpotensi memperbesar profit, anda dapat mengembangkan usaha anda. Hal ini berarti anda akan melebarkan bisnis anda dan tentunya lapangan pekerjaan akan tercipta. Tidak perlu yang rumit dan besar, cukup buat saja usaha yang bisa anda lakukan secara mandiri. Ingatlah bahwa hal-hal yang besar dimulai dari hal kecil. Misalnya saja anda membuat usaha rumahan yang anda kelola mulai sekarang. Lalu apa sajakah contoh usaha rumahan yang bisa anda tiru dan aplikasikan? Ikuti terus pembahasannya dibawah ini ya.

  1. Warung makan, jika anda memiliki kemampuan dalam hal masak-memasak anda bisa membuka warung makan. Apalagi jika lingkungan anda dekat dengan sekolah, kampus atau area pabrik juga kantor.
  2. warung makan

  3. Laundry, cukup bermodal beberapa juta anda sudah bisa membuaka usaha laundry anda sendiri. usaha laundry bisa sangat menjanjikan jika anda melakukannya dengan baik.
  4. laundry

  5. Penyedia makanan ringan, tidak hanya menghasilkan omzet yang menjanjikan. Usaha makanan ringan juga bisa anda lakukan dengan mudah, tentunya anda harus memiliki skill di bidang pembuatan makanan ringan ya.
  6. makanan ringan

  7. Percetakan, menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi anda. Selain sangat dibutuhkan dimana-mana, bisnis ini juga memiliki perputaran uang yang relatif cepat.
  8. percetakan

  9. Guru Privat, jika anda memiliki kemampuan untuk mengajar anak-anak tentunya mengajar privat menjadi salah satu opsi terbaik. Anda cukup menunggu anak didik di rumah atau pergi ke tempat mereka untuk mengajari materi yang anda kuasai.
  10. les privat

Beberapa contoh usaha rumahan di atas bisa anda kembangkan sesuai dengan kondisi dan juga kemampuan anda. Bagaimanapun juga anda perlu mengingat bahwa berwirausaha dapat menghasilkan uang yang cukup besar dan tentunya anda akan ikut berkontribusi untuk lingkungan anda jika anda benar-benar yakin dan menekuninya. Oleh karena itu jangan mudah menyerah dan tetaplah semangat. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *