Bisnis Online? Siapa Takut!

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, perkembangan bidang bisnis via internet atau yang lebih sering disebut bisnis online mulai menjadi budaya yang semakin menjamur saat ini.

Bagaimana tidak? Mayoritas masyarakat kita sudah memiliki gadget yang semakin mempertipis jarak antara ruang dan waktu antar daerah, pulau dan negara. Fakta inilah yang menciptakan rutinitas-rutinitas baru bagi banyak orang.

Misalnya seperti saat ini, ketika kita membuka timeline sosial media kita banyak orang mengunggah beberapa foto tentang kegiatan yang saat itu mereka lakukan. Bagaimana? anda juga melakukannya bukan? Saat ini bagi semua orang memulai suatu usaha bukan menjadi hal yang besar. Hampir seluruh elemen masyarakat kita berkiblat pada bidang kewirausahaan yang menjadi tiang penyangga roda kehidupan sehari- hari.

Bagi anda yang penasaran bagaimana memulai bisnis online, tak perlu khawatir, kami akan sampaikan kiat-kiatnya dibawah ini:

  1. Cermati Pasar

  2. cermati-pasar
    Pastikan untuk melihat kecenderungan pasar. Untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis online anda harus melihat apa yang menjadi pusat perhatian. Kira-kira apa yang menjadi favorit masyarakat saat itu, jika anda sudah mengetahuinya, lakukan riset kecil untuk semakin menguatkan argumen anda.

    Jangan berusaha setengah – setengah, upayakan yang terbaik karena dengan seperti inilah usaha anda akan bisa menuaikan keberhasilan yang signifikan. Ingatlah bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

  3. Tentukan Bisnis anda

  4. tentukan-bisnis
    Setelah anda mendapatkan ide untuk melakukan suatu bisnis, jangan ragu untuk memulainya. Segera tentukan sistem apakah yang anda pakai. Apakah anda memproduksi semua produk yang akan anda jual, ataukah anda mengambil dari orang lain untuk anda pasarkan?

    Masing- masing sistem memiliki daya saing yang berbeda- beda. Semua tergantung pada pilihan bisnis anda. Tahukan anda, jika faktor keberhasilan memulai bisnis bukan dari modal dan spesifikasi produk yang kta tawarkan, melainkan dari cara kita memasarkannya.

    Mulailah jelajahi sosial media yang sedang menjadi tren pasar saat ini. Maksimalkan semua jejaring sosial yang ada seperti twitter, facebook, instagram, path, askfm dan lainnya. Salah satu poin penting dari bisnis online adalah membuat publik sadar akan hadirnya bisnis kita.

    Gunakan ide inovatif yang bisa membuat gebrakan baru untuk binis anda. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag untuk semakin menebarkan informasi tentang produk anda. Sebagus apapun barang yang kita jual jika kita tidak pandai untuk mempromosikannya, akan sia- sia saja. Bagaimana cara terbaik untuk memasarkan produk anda bisa dibaca di poin selanjutnya.

  5. Buat strategi bisnis anda

  6. strategi-bisnis
    Buatlah skala prioritas juga target pasar yang sesuai dengan produk yang anda pasarkan. Skala prioritas disini maksutnya adalah tingkatan kebutuhan pemasaran dalam bisnis anda, misalnya berapa persen alokasi dana yang akan anda berikan untuk advertisement di media sosial atau di media publikasi lainnya juga tentukan seberapa pentingkah hal tersebut.

    Lain halnya ketika anda harus melihat siapa sajakah target pasar anda, jika bisnis anda mengarah pada remaja putri maka anda akan lebih banyak memasarkannya dengan cara se-muda dan se-feminim mungkin tentunya. Berbeda pula jika anda memiliki target pasar Orang dewasa, sistem pemasarannya akan berbeda dengan target pasar yang sebelumnya bukan.

    Pemilihan strategi pasar sangat penting dilakukan mengingat perbedaan signifikasi pasar yang tajam dan juga untuk melakukan efisiensi kinerja dan pengeluaran pada bisnis anda.

  7. Launch it up!

  8. launch
    Bagaimana apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis ini? Wah tentunya dengan persiapan- persipaan matang dari poin sebelumnya akan membuat anda semakin optimis dan semangat untuk memulai bisnis online ini. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *