Petakan Usaha Sosialmu Agar Lebih Efektif dengan Bisnis Model Kanvas

Bisnis Model Kanvas mulai diminati dan diajarkan di Indonesia. Pada awalnya, BMK ini diciotakan untuk mempermudah para pelaku usaha untuk membuat rancangan usaha mereka. BMK ini juga diharapkan membantu mereka untuk memproyeksikan apa saja yang mereka butuhkan untuk membuat suatu usaha. Bentuk BMK yang terdiri dari 9 kotak ini adalah pembaharuan dari rancangan bisnis tradisional yang kurang terarah. Nah, bagi anda yang belum pernah mengetahui ataupun mendengar tentang bisnis model kanvas, jangan berhenti sampai di sini ya. Artikel ini akan membahas cara membuat bisnis model kanvas yang baik. Yang perlu anda siapkan pertama kali adalah 9 kotak untuk masing-masing penjelasan bisnis anda. Cara pengisiannya juga tergantung dari bisnis anda sendiri. hm, kira- kira apa apa sajakah 9 blok itu, simak dibawah ini:

  1. Value Preposition

  2. Anda biasa menyebutnya sebagai keunggulan produk. Sebutkan kelebihan produk anda dibandingkan dengan produk dari pesaing anda. Bisa juga anda menyebutkan apa saja yang dimiliki produk anda daripada produk dari pesaing anda. Mulai dari harga, merk sampai kemasan.

  3. Customer segment

  4. Untuk hal ini, anda harus mengerti siapa sajakah yang kira- kira tertarik dan akan mengkonsumsi produk anda. spesifikasikan rentang umur yang akan menggunakan dan mengkonsumsi produk anda.

  5. Customer Relationship

  6. Blok ini lebih membahas mengenai cara dan strategi anda untuk berhubungan dengan konsumen. Bagaimana langkah yang tepat untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Karena dengan adanya komunikasi yang baiklah, konsumen anda akan lebih mengerti tentang produk anda.

  7. Channel

  8. Maksudnya adalah cara untuk berhubungan secara langsung dengan konsumen anda. Jadi channel menuntut anda untuk mencari tahu langkah apakah yang bisa membuat anda dan konsumen anda saling berinteraksi.

  9. Key Activity

  10. Membahas segala aktivitas usaha anda. Mulai dari produksi, pemasaran dan lain halnya. Key activity juga berisi tentang apa saja yang harus anda siapkan untuk menunjang penjualan produk anda.

  11. Key Resources

  12. Nah untuk menyiapkan key activity, anda butuh yang namanya key resources. Apa bedanya? Key resources lebih ke persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat key activity anda berjalan lancar.

  13. Key Partners

  14. Tuliskan siapa sajakah yang bisa anda ajak kerjasama dalam bisnis anda. karena key partner di sini menuntut anda untuk mempunyai partner kerjasama yang akan mendukung usaha anda. Bisa jadi supplier produk atau pihak pendukung penjualan produk anda.

  15. Cost Structure

  16. Siapkan rancangan budget anda. Nah di sinilah anda akan menyiapkan daftar harga kebutuhan untuk memproduksi atau menyiapkan produk yang akan anda pasarkan. Tulis secara rinci segala kebutuhan usaha anda dalam blok ini.

  17. Revenue Stream

  18. Pada blok terakhir ini, anda akan menuliskan tentang cara-cara yang memungkinkan anda mendapatkan keuntungan dari penjualan produk anda. List it down, sebutkan apa saja cara anda untuk mendapatkan uang dari bisnis anda.

Berikut itulah 9 blok yang dimaksud dalam bisnis model kanvas. Semoga artkel ini membnatu anda dalam merencanakan segala pembangunan usaha anda. Jangan lupa untuk selalu rinci dalam menuliskan rancangan anda, jangan ragu untuk meneliti dan merevisi jika ada yang kurang pas menurut anda. Tanyakan pula kepada rekan bisnis anda, adakah yang kurang sesuai dan kurang tepat. Tetap semangat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *