Begini Cara Investasi Mudah untuk Pemula!

risiko akan selalu mengikuti, mantapkan pilihan investasi mudah untuk pemula dengan tiga langkah berikut.

Pergolakan ekonomi yang terus terjadi menyebabkan keuangan di masa mendatang tidak akan mampu diprediksi. Maka, ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di tengah karier, hal tersebut merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, akan ada simpanan masa tua yang kelak dapat membantu keuangan masa depan Anda.

Namun, bagaimana bila langkah tersebut justru untuk pertama kalinya Anda ambil? Jika Anda masih pemula dalam dunia investasi, Anda wajib menyimak sedikit ulasan berikut mengenai cara investasi mudah untuk pemula.

1. Tentukan Tipe Investasi yang Akan Dipilih
Sejatinya, investasi adalah meletakkan uang Anda pada tempat yang tepat dengan pertimbangan akan memberikan hasil yang lebih dengan memperhatikan waktu, menyesuaikan risiko, serta inflasi yang mungkin akan terjadi. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam menentukan ke mana uang yang tersebut akan berlabuh nantinya. Pasalnya, salah melangkah akan berakibat uang yang tidak kembali.

Dalam hal ini, Anda dapat memilih semua jenis aset produktif yang akan terus menggulirkan modal yang dimiliki dan mengembalikannya dalam jumlah yang berlebih. Jenis investasi yang masuk dalam tipe aset produktif ialah properti, obligasi, reksa dana, maupun saham. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih.

2. Tentukan Bagaimana Anda Akan Memilikinya
Begitu mengetahui tipe aset apa yang akan dijadikan sebagai ladang investasi, langkah selanjutnya ialah memutuskan bagaimana Anda akan memilikinya. Sebagai contoh, ketika Anda memutuskan untuk bermain saham, cara seperti apa yang hendak dipilih, apakah kepemilikan secara langsung ataukah struktur gabungan.

Anda harus memahami dua mekanisme tersebut. Pasalnya, bila memutuskan membeli saham secara langsung dari beberapa perusahaan dan terlibat di dalamnya, pengetahuan mengenai dunia bisnis wajib dimiliki. Anda pun harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai margin laba kotor dan laba operasi setiap perusahaan sebelum memutuskan untuk memasukkan dana pada perusahaan tersebut.

Bila bermain dalam sistem gabungan, modal yang Anda miliki akan bercampur dengan milik orang lain untuk membeli kepemilikan sejumlah saham pada perusahaan tertentu. Dalam hal ini, terdapat untung dan rugi yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih.

3. Tentukan Di mana Tempat yang Tepat Meletakkan Investasi
Langkah selanjutnya dalam investasi mudah untuk pemula ialah menemukan perusahaan atau tempat yang tepat untuk meletakkan dana investasi agar dapat memberikan hasil yang lebih sesuai harapan, tanpa ada kendala seperti pemotongan pajak. Bila Anda bermain langsung dalam perusahaan, mencari tahu kredibilitas serta margin antara laba kotor dan bersih pun harus dilakukan sebelum memilih. Begitu pula ketika memilih bermain dalam akun pialang. Meskipun uang yang didapat tidak dibatasi, akan tetapi pajak akan terus mengikuti.

Pertimbangkan risikonya terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih. Begitu pula ketika menargetkan dana pensiun dengan meletakkan investasi pada asuransi tertentu. Seberapa besar keuntungan dan kerugian yang akan didapat.

Masihkah ragu untuk memulai investasi? Tiga cara investasi mudah untuk pemula tersebut dapat menjadi jalan Anda sebelum terjun dalam dunia investasi. Persiapkan diri untuk masa depan impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *