Bank Sampah Sejahtera: Usaha Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat lewat Sampah

Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata ‘sampah’? Kotor, bau, tidak bermanfaat. Tapi ternyata, Pak Ahmad Kholilurrohman berhasil mengubah mindset masyarakat Jepara tentang sampah, dengan usaha yang beliau jalankan. Melalui Bank Sampah Sejahtera (BSS), beliau dapat meminimalisasi sampah-sampah di desa dan mengubahnya menjadi penghasilan tambahan untuk para warga.

BSS yang didirikan pada tanggal 27 Maret 2013 ini bermaksud untuk meraih tiga manfaat sekaligus, yaitu sosial, ekonomi, dan ibadah. Saat itu, Pak Ahmad memang sedang mencari usaha yang tidak hanya bernilai profit, tapi dapat memberikan dampak sosial. Disamping membantu program pemerintah dalam mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA, BSS juga membantu masyarakat yang memiliki masalah dengan sampah.

Terinspirasi dari Bank Sampah di Malang, Pak Ahmad percaya bahwa sampah dapat memberi manfaat ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik. Sebelum ada BSS, sampah menumpuk begitu saja. Sekarang, setelah sampah dipilah dan dipilih, kebanyakan sampah ternyata masih bisa dimanfaatkan. Istilah kerennya, BSS berusaha mengedukasi masyarakat untuk melakukan 3R: reduce, reuse, dan recycle.

Selama tiga tahun menjalankan BSS, Pak Ahmad tidak hanya menghadapi tantangan dari masyarakat yang harus diedukasi mengenai tabungan hasil mengumpulkan sampah. Beliau juga harus siap rugi ketika terjadi fluktuasi harga sampah. Untungnya, tidak semua harga barang naik-turun dengan cepat dan dalam waktu yang bersamaan. Jadi, beliau masih menyikapi hal ini.

Sebaliknya, Pak Ahmad sudah bisa tersenyum lega karena lambat laun masyarakat mengenal dan mendukung usaha BSS. Hingga saat ini, BSS telah memiliki 13 mitra usaha bank sampah binaan yang tersebar di tingkat desa. Dalam sebulan, Pak Ahmad bisa mengatur arus keluar-masuknya sampah hingga dua kali; kira-kira 1 ton setiap pengiriman sampah. Ada juga sampah-sampah yang sudah melewati proses pemilahan, dijemput langsung oleh pengepul.

Kali ini, Pak Ahmad membuka kesempatan bagi kamu untuk membantu BSS meningkatkan produktivitasnya. BSS berharap bisa memiliki mesin giling pencacah plastik sehingga dapat memudahkan pekerjaan mitra binaannya. Kamu dapat mendanai proposal Bank Sampah Sejahtera, mulai dari Rp. 50.000, di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *