Bagaimana Kamu Menggalang Dana melalui Crowdlending?

Ada banyak cara bagi wirausahawan mendapatkan pendanaan untuk menciptakan produk baru atau meningkatkan jumlah aset usaha. Yang paling umum tentu kredit bank, namun sayangnya, tidak selalu mudah diakses untuk semua wirausahawan. Hanya sebagian wirausahawan mampu memenuhi semua persyaratan dan siap menanggung bunga kredit yang cukup memberatkan.

Berhutang kepada kenalan atau teman dekat juga merupakan sebuah solusi. Akan tetapi, dengan tidak adanya hitam diatas putih, proses tersebut menghadapi berbagai resiko termasuk memburuknya hubungan pertemanan yang telah dibangun sekian lama.

Menggalang dana dari publik menjadi salah satu alternatif yang patut kamu pertimbangkan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuatmu dapat melintasi batas-batas geografis, sehingga usahamu bisa mendulang dukungan dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Tidak perlu menciptakan kontroversi seperti sebuah warung di Banten yang buka saat Ramadhan hingga mendapatkan donasi beratus-ratus juta yang dikumpulkan melalui media sosial, kamu bisa menggunakan crowdlending platform untuk mengumpulkan dana dengan tujuan mengembangkan usahamu.

Sebelum kamu mendaftarkan proposalmu di GandengTangan, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Saat Proposalmu Dipublikasikan, Pekerjaanmu Tidak Berhenti Di sini

  • tak berhenti

    Kamu telah mendengar bagaimana kisah-kisah sukses para wirausahawan yang mendapatkan pinjaman melalui crowdlending platform. Mereka tidak ‘melempar tanggungjawab’ kepada platform tersebut, tetapi melakukan berbagai aktivitas untuk mempromosikan proposal mereka hingga terdanai. Kamu pun harus bekerja keras agar proposalmu mendapat perhatian dari user dan membuat mereka tergerak untuk mendanai proposalmu. Jika kamu ingin proposal peminjaman danamu terdanai dalam tenggat waktu yang telah ditentukan, baca dulu tips-nya di sini.

  • Menampilkan Keunikan dan Kelebihan dari Usahamu

  • jadi unik

    Barangkali kamu khawatir jika kompetitormu atau calon wirausaha yang lain mencontek ide usahamu setelah melihat crowdlending platform. Atau sebaliknya, kamu ingin mengurungkan diri ketika melihat sudah ada proposal usaha yang sama dengan usahamu di GandengTangan. Tenang, rezeki tidak akan kemana. Tentu kamu lebih tahu keunikan dan kelebihan usahamu daripada usaha sejenis. Banyak orang berjualan batik di Yogyakarta, seperti juga banyak orang berjualan bakso di Malang. Namun setiap bisnis memiliki kuncinya masing-masing, yang membuat pembeli datang ke satu atau dua penjual yang mereka favoritkan. Kamu pun demikian. Percaya akan usaha dan kemampuanmu sendiri, dan ingat untuk mempromosikan proposalmu sebaik mungkin sembari kamu menciptakan brand awareness produk atau jasamu.

  • Sistem Pembagian Dana yang Berhasil Didapatkan melalui Crowdlending Platform

  • pembagian dana

    Beberapa crowdfunding platform di luar negeri menerapkan sistem all-or-nothing, yang artinya pemilik proposal baru bisa mendapatkan dananya jika memenuhi 100% dari jumlah dana yang diajukan. Pada sistem ini, setiap rupiah sangat berarti karena bisa menjadi penentu atas terdanainya proposal. Platform seperti ini juga sangat memotivasi para pemilik proposal untuk memperjuangkan usahanya hingga detik terakhir. GandengTangan mengambil jalan tengah dengan menerapkan sistem 50% dari kebutuhan dana. Harapannya, dalam situasi terburuk dimana kamu hanya mendapatkan 50% dari dana yang diajukan, para pemberi pinjaman tetap dapat membantumu mengembangkan usaha. Pada akhirnya, tidak ada yang sia-sia, kamu hanya perlu mengatur keuanganmu dengan lebih baik dan memprioritaskan kebutuhan utama.

  • Memberikan Wawasan Menyeluruh tentang Usaha yang Kamu Jalankan

  • pemahaman produk

    Ketika kamu mencari pinjaman dana dari kerabat dekat, barangkali kamu akan mendapatkannya dengan mudah. Akan tetapi, mereka akan mengalami kesulitan saat harus menjelaskan usaha apa yang sedang mereka dukung. Sementara, adanya crowdlending platform memberikan kesempatan bagi para pemberi pinjaman untuk turut mempromosikan usahamu. Mereka hanya tinggal memberikan link ke proposalmu, dan semakin banyak orang mengeksplorasi usahamu. Hal ini tentu juga jauh lebih baik bagi para pemilik dana yang mencari alternatif berinvestasi. Oleh karena itu, buatlah proposal yang sebaik dan sejelas mungkin agar dapat menimbulkan keyakinan bagi orang-orang yang ingin mendukungmu.

  • Membagi Kisah dan Pengetahuan Baru

  • pengalaman baru

    Sebagaimana kamu duga, kekuatan crowdlending platform terletak pada cerita yang disajikan oleh setiap proposal. Para pemberi pinjaman ingin tahu mengapa mereka harus mendukung satu usaha tertentu dibandingkan usaha yang lain. Meskipun semua usaha memiliki urgensinya masing-masing, cerita yang kuat mampu membangun kedekatan emosional antara pemberi pinjaman dan komunitas sasaran yang didukung. Sebagai contoh, SD Nizamia yang mendukung Les Bahasa Inggris untuk Rakyat. Crowdlending platform dapat membangun masyarakat Indonesia yang lebih peduli dan bahu-membahu dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Setiap cara untuk mendapatkan pendanaan bagi usaha kecil dan menengah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun satu yang pasti, rezeki tidak jatuh dari langit begitu saja. Siapa tahu, GandengTangan dapat menjadi sarana untuk perkembangan usahamu. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari proposal yang telah diverifikasi oleh GandengTangan di sini.

“Kebaikanmu jangan ditunda, segera tuntaskan dengan memberikan dana pinjaman tulus di sini“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *