Bagaimana Impact Investing Menjawab Tantangan akan Transformasi Dunia Saat Ini?

Bagi banyak orang, impact investing mungkin belum akrab di telinga. Jika anda termasuk salah satunya, maka inilah saatnya untuk mengenalnya lebih jauh. Pada dasarnya, dunia terus berkembang sehingga diperlukan beberapa perubahan demi menunjang keberlangsungan hidup manusia. Impact investing masuk ke dalam perubahan tersebut. Inovasi baru dalam berinvestasi ini setidaknya akan menjawab tiga tantangan dunia sebagai berikut.

    1. Kemiskinan ekstrim

Sebagaimana persaingan yang semakin ketat di dunia kerja, banyak orang yang kemudian jatuh miskin karena tidak mampu mengikuti arus perkembangan ekonomi. Berwirausaha kemudian kerap dipilih menjadi jalan untuk memperbaiki keadaan ekonomi. Untuk mendorong kemajuan bisnis dan ekonomi itulah impact investing hadir di tengah-tengah masyarakat. Para investor bisa menyalurkan kekayaannya untuk membantu kebangkitan ekonomi rakyat.

    1. Kepedulian sosial

Bisa dibilang, impact investing merupakan kegiatan berbisnis sekaligus beramal. Sebagai bisnis, si investor akan mendapatkan keuntungan dari proyek usaha yang ia investasikan. Sebagai amal, si investor akan menolong warga dalam mengembangkan bisnis usahanya. Impact investing akan melestarikan rasa kepedulian terhadap sesama di tengah dunia yang katanya semakin apatis ini.

    1. Gaya hidup modern

Impact investing mengubah budaya investasi yang selama ini kita kenal. Berbekal layar gadget dan sambungan internet, semua orang bisa menjangkaunya dengan mudah, baik si investor maupun si wirausahawan dari berbagai pelosok. Investasi kini tak lagi melulu milik orang-orang berdasi di perusahaan multinasional. Masyarakat menengah yang tinggal jauh dari kota juga bisa menikmati bentuk kerjasama yang satu ini.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja kelebihan dari impact investing ini? Salah satu contoh impact investing yang ada di Indonesia adalah Gandengtangan.org yang menawarkan impact investing mulai dari Rp50 ribu loh! Bagaimana, kamu tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *