Assalam Agro Industri: Budidaya Jamur yang Berhasil Membawa Pulang Para TKW

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu negara ‘eksportir’ tenaga kerja. Sebagian besar dari TKI merupakan para wanita yang harus berpisah dari keluarga selama bertahun-tahun. Hal ini tentu menjadikan keseimbangan sosial, bahkan rumah tangga, terganggu. Namun begitu, kebanyakan para wanita ini tidak memiliki banyak pilihan untuk dapat terus menghidupi keluarga di rumah. Oleh karena itu, Assalam Agro Industri menawarkan alternatif agar para TKW tidak harus kembali bekerja keluar negeri setelah tabungannya habis.

Assalam Agro Industri berdiri sejak tahun 2009. Bisnis budidaya jamur tiram dipilih karena kebutuhan pasar sangat tinggi. Teknologi budidaya jamur juga mudah dipelajari, sehingga dapat menjadi solusi bagi masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerjaan, termasuk diantaranya para wanita mantan TKW. Apalagi budidaya jamur ini dapat memanfaatkan limbah industri mebel yang banyak tersebar di Cianjur, sehingga biaya operasionalnya relatif murah.

Pada awal tahun 2016, Assalam Agro Industri mengajukan proposal pinjaman dana melalui GandengTangan. Fokus Pak Nanang, Pimpinan Assalam Agro Industri, adalah untuk meningkatkan jumlah produksi dan kualitas produk. Maka, mereka mengajukan pinjaman sebesar Rp 50juta untuk membeli mesin-mesin. Assalam Agro Industri mendapatkan pinjaman sebesar Rp 23juta dari 40 orang pemodal. Dengan tambahan dari modal Assalam sendiri, mereka membeli mesin stemer baglog yang digunakan untuk membersihkan jamur agar tidak ada bakteri yang tumbuh dalam jamur tersebut.

Setelah hampir setahun, produksi jamur mengalami peningkatan sebanyak 400kg, sehingga Assalam bisa mempekerjakan 5 orang karyawan baru. Sebagian karyawan juga mendapat tambahan gaji sebanyak 20%, dana kesehatan, dan dana pendidikan tahunan. Dengan demikian, Assalam Agro Industri benar-benar menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para wanita mantan TKW, memberikan mereka kesempatan untuk memiliki penghasilan sehingga tidak perlu bekerja di luar negeri lagi.

Dari total investasi sebesar Rp 30juta, Assalam Agro Industri menghasilkan manfaat sosial sebesar Rp 115juta. Dengan kata lain, dari setiap Rp 50ribu yang Anda investasikan di Assalam Agro Industri, tercipta dampak sosial sebesar Rp 185ribu. Ingin memberdayakan lebih banyak wanita di berbagai daerah di Indonesia? Pilih proposal yang ingin Anda dukung disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *