Apakah Investasi Online Aman untuk Dicoba? Ini Tips-nya

Melakukan investasi online aman pasti menjadi keinginan setiap investor. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis investasi yang berpotensi mendatangkan banyak keuntungan. Di antara variasi investasi yang ada, terdapat satu jenis investasi baru yang cukup potensial, yaitu investasi online. Seperti namanya, investasi jenis ini merupakan kegiatan penanaman modal yang dilakukan melalui internet (online).

Perusahaan yang mendapatkan dananya pun biasanya bergerak di bidang online seperti startup. Tapi belakangan, istilah investasi online memiliki konotasi negatif akibat beberapa kasus penipuan. Kegiatan ini dianggap ilegal, merugikan, dan menjanjikan keuntungan dalam waktu singkat.

Padahal sama seperti jenis investasi lainnya, investasi online sangat aman jika kita benar-benar memahami sistem dan bekerja sama dengan pihak yang profesional. Lalu, apa saja yang harus kita lakukan agar yakin bahwa sedang melakukan investasi online aman? Mari kita simak beberapa tips berikut!

1. Menawarkan keuntungan yang wajar
Sebuah lembaga investasi yang aman pasti akan menawarkan keuntungan yang wajar, yaitu sekitar 10% hingga 20% setiap tahunnya. Nilai tersebut dianggap sangat sesuai mengingat kondisi ekonomi yang naik turun. Jadi apabila ada lembaga yang menawarkan keuntungan berlipat, sekitar 50% per tahun misalnya, Anda patut untuk berhati-hati.

Karena logikanya, mana ada perusahaan yang mampu memberikan keuntungan sekitar setengah dari nilai investasi karena setiap transaksi pasti ada risiko collateral atau kerugian tidak terduga.

2. Memahami produk dan skema investasi
Untuk tahu apakah sebuah lembaga benar-benar menawarkan investasi online aman, pastikan mereka benar-benar memahami produk dan skema investasi yang dimiliki. Karena lembaga yang kompeten dan profesional pasti dapat menjelaskan setiap rincian secara baik sehingga calon investor yakin untuk menanamkan modal.

Jadi jika lembaga yang Anda pilih dirasa kurang bisa menjelaskan sistem mereka sendiri, mulailah untuk waspada dan pikirkan lagi keputusan untuk melakukan investasi di perusahaan tersebut.

3. Struktur organisasi jelas
Sebuah perusahaan atau lembaga investasi yang aman pasti memiliki struktur organisasi yang jelas dan rekam jejak yang baik. Jadi sebelum memutuskan akan menanamkan modal atau tidak, pastikan Anda tahu struktur organisasi lembaga tersebut, alamat kantornya, dan informasi lain terkait lembaga yang bisa dikorek dari mantan investor atau rekanan mereka.

4. Informasi Transparan
Ciri lain lembaga investasi yang aman adalah transparansi. Artinya, klien yang bergabung di lembaga tersebut bisa mengakses informasi tentang perkembangan dana investasi yang ditanamkan serta keuntungan yang didapat melalui dashboard akun pribadi masing-masing. Informasi tersebut juga dapat diakses kapan dan di mana pun klien inginkan.

Jadi jika ingin melakukan penanaman modal dan bekerja sama dengan lembaga keuangan tertentu, pastikan lembaga tersebut memiliki sistem informasi yang transparan, akurat, dan kredibel.

Jadi, masih ragu untuk melakukan investasi online aman? Untuk referensi lembaga keuangan yang mampu menyediakan jasa investasi dan transaksi keuangan aman lainnya, Anda bisa mengunjungi situs www.GandengTangan.org, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *