Tips Analisis Keuangan Sederhana

Kebanyakan orang mengetahui bagaimana mengatur sistem keuangan mereka. Namun mereka kurang mengerti tentang bagaimana menganalisis keuangan mereka. Hal ini penting untuk mengetahui di posisi manakah finansial anda berada. Lalu bagaimanakah dengan anda? Apakah cukup aman untuk membelanjakan uang anda dengan jumlah lebih dari 50 persen, ataukah aman ketika menggunakan uang anda untuk keperluan investasi lain padahal anda tidak tahu bahwa jumlah dana yang harus anda gunakan untuk biaya tak terduga juga harus dipertimbangkan. Analisis sederhana seperti inilah yang harus anda miliki untuk menguatkan sistem manajemen keunagan anda. Jangan sampai anda tidak memperhatikan analisis jangka ke depan keuangan anda dan berpikir bahwa posisi keuangan anda baik-baik saja. Perhatikan pembahasannya untuk mengetahui bagaimana melakuakan analisis sederhana pada keuangan anda. Simak penjelasannya di bawah ini ya:

  1. Perhatikan pemasukan dan pengeluaran anda

  2. Yang utama adalah lihat pemasukan anda di setiap bulannya, setelah anda mendaftar semua kebutuhan anda di setiap bulannya jumlahkan pengeluaran anda. Lihat apakah pemasukan anda lebih kecil daripada pengeluaran yang anda butuhkan. Jika iya, anda dalam posisi yang riskan dan berbahaya. Bagaimanapun juga, pemasukan anda haruslah lebih besar daripada pengeluaran anda. Dengan begitu akan aman untuk posisi keuangan anda. Kami menyarankan anda untuk membuat daftar rincinya untuk melihat masing-masing alur debet dan kreditnya. Tulis dan hitunglah masing-masing jumlahnya dan koreksilah jika terdapat sesuatu yang kurang penting. Anda juga bisa memakai sistem pembagian keperluan primer dan sekunder untuk membantu anda menentukan manakah yang harus anda utamakan.

  3. Data kembali harta dan hutang anda

  4. Posisi harta dan hutang ada haruslah dalam posisi yang aman. Tidak baik untuk memiliki hutang yang besar tanpa diimbangi dengan jumlah harta yang bisa anda dapatkan. Hindari melakukan pinjaman yang bersifat tidak penting artinya anda meminjam uang hanya untuk menutupi pembelian barang tersier. Selalu pikir ulang untuk mengajukan pinjaman, jika bisa gunakan harta yang anda miliki untuk mencukupi segala kebutuhan anda. lakukan hal yang sama, buat tabel harta dan juga hutang anda untuk memudahkan penghitungan anda. Setelah anda melihat masing-masing data, akan lebih mudah tentunya untuk memperkirakan analisis yang sesuai untuk anda.

  5. Buat siklus laporan keuangan sederhana

  6. Seperti yang anda ketahui bahwa pelaporan arus keuangan suatu usaha adalah kewajiban yang baik dilakukan bagi pelaku usaha. Nah, semua level usaha yang baik disarankan untuk membuat laporan keuangan. Jadi jangan bepikir bahwa membuat laporan keuangan hanya untuk perusahaan-perusahaan besar saja. Mulai dari pencatatan segala transaksi yang dilakukan sehari-hari sampai transaksi bulanan sebaiknya anda kumpulkan. Hal ini perlu dilakukan karena menyangkut tentang analisis yang akan anda lakukan. Dengan memperhatikan pelaporan arus keuangan, tentunya akan mempermudah anda untuk mengtahui langkah-langkah apa yang selanjutnya anda ambil.

Untuk tiga hal di atas tersebut, anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan anda. Bagaimanapun juga masing-masing individu memiliki caranya tersendiri untuk membuat analisis keuangan berjalan teratur. Semoga artikel ini dapat memberikan anda inspirasi terbaru dan membantu anda untuk menguatkan sistem finanasial anda. Sekian pembahasan tentang bagaimana menganalisis keuangan yang baik. Tetap pantau artikel lain untuk mendapatkan informasi-informasi lainnya. Jangan sampai ketinggalan dan sampai berjumpa di sesi lainnya ya. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *