Alternatif Beramal Saat Bulan Ramadhan

(Kalau Kamu Masih Ragu Beramal Lewat Pinjaman, Baca Ini!)

Kolak, kurma, buka puasa bersama, apalagi yang khas dari Ramadhan? Ya benar sekali, tentu saja beramal!
Beramal bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Bisa memberi sumbangan ke orang yang membutuhkan, menolong orang kesusahan, dan ikut dalam kegiatan sosial. Tapi apakah hanya itu? Tentu saja tidak, kemajuan teknologi juga membuka kesempatan beramal yang lebih luas.
Salah satu yang bisa kita lakukan untuk melakukan kegiatan positif di Bulan Ramadhan adalah dengan

memberikan pinjaman pada para wirausahawan sosial

. Kenapa memberikan pinjaman bisa jadi salah satu kegiatan positif saat Bulan Ramadhan. Sambil ngemil kurma (tentunya kalau udah buka puasa ya), mari kita baca-baca alasannya:

  1. Kamu Tak Perlu Menghabiskan Banyak Energi Untuk Beramal

  2. image

    Kadang saat puasa kita malas pergi ke mana-mana. Cuaca di luar panas, jalanan macet, atau beragam alasan lainnya. Hmmm…meski puasa jangan jadi alasan untuk males-malesan, tapi bukan berarti kita enggak bisa beramal tanpa keluar rumah. Melakukan pinjaman melalui crowdlendingadalah salah satu alternatif. Tinggal buka internet atau sms banking kita bisa melakukan pinjaman untuk wirausahawan sosial.  

  3. Pinjamanmu Tak Hanya Berpengaruh Pada Satu Orang

  4. image

    Wirausahawan sosial tak hanya berfokus pada keuntungan semata, tapi juga memberi dampak sosial pada banyak orang. Dengan memberikan pinjaman pada mereka maka uangmu secara tak langsung juga membantu banyak orang yang beririsan dengan usaha tersebut. Misal kamu memberikan pinjaman untuk wirausahawan sosial di bidang pertanianmaka kamu akan memberi dampak langsung untuk petani, pengelola lahan, dan orang-orang yang terlibat dalam usaha tersebut.

  5. Pinjamanmu Akan Melatih Wirausahawan Sosial Untuk Bertanggungjawab

  6. image

    Kenapa sih pinjaman bukan donasi aja? Pinjaman akan membuat wirausahawan sosial berusaha mengembalikan modal yang sudah kamu berikan. Terus efeknya apa? Tentu ada beberapa efek positif, dengan itu wirausahawan sosial akan berlatih untuk bertanggung jawab, membuat pembukuan yang baik, akuntabilitasnya terjamin, dan pada akhirnya membuat usahanya berkelanjutan.

  7. Bantuanmu Bisa Terus Mengalir ke Berbagai Wirausahawan

  8. image

    Memberi pinjaman melalui sistem crowdlendingtidak hanya bisa dilakukan sekali. Maksudnya? Begini maksudnya, pinjamanmu memang akan dikembalikan oleh si wirausahawan sosial. Nah, setelah itu kamu punya pilihan, apakah akan mencairkan uang tersebut atau “memutar” kembali uangmu untuk wirausahawan sosial lainnya. Kalau kamu memilih uangmu diperuntukkan kembali untuk wirausahawan sosial lainnya, maka kamu tidak hanya menolong satu orang. Pinjamanmu ibaratnya jadi seperti amal jariyah yang pahalanya terus menerus.

  9. Apakah Pinjaman Melalui Crowdlending Riba?

  10. image

    Pasti ada dong yang takut kalau pinjamannya mengandung unsur riba. Tenang, pinjaman melalui crowdlending bunganya 0%. Jadi kamu bisa meminjamkan uangmu untuk pinjaman modal tanpa perlu takut riba.

Nah, beragam alasan di atas tak akan berubah jadi amalan jika kamu tak mencoba melakukannya. Bukan berarti kamu harus langsung memberikan pinjaman. Kamu bisa memulai amalanmu dengan satu langkah kecil di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *