Alasan kenapa GandengTangan.org itu Indonesia Banget

Masih ingat nggak, waktu kita SD dulu, kita mendapatkan jadwal piket untuk bersama-sama membersihkan kelas? Atau barangkali, kita tinggal di lingkungan yang mengharuskan setiap warga melakukan kerja bakti, minimal sebulan sekali? Sayapun masih melakukannya di daerah rumah saya yang memang berada di pedesaan.

Piket kelas, atau kerja bakti di lingkungan rumah, dikerjakan dengan semangat gotong royong. Meski demikian, sebenarnya gotong royong memiliki makna yang lebih mendalam. Semangat bahu-membahu untuk dapat meringankan kesulitan salah satu anggota atau kelompok masyarakat, merupakan salah satu nilai positif bangsa Indonesia yang diajarkan secara turun temurun. Komunitas yang menjalankan prinsip gotong royong saling berbagi tanggung jawab dengan satu sama lain; bermusyawarah dalam usaha-usaha menghindari konflik; dan mengatasi permasalahan sesegera mungkin.

Jika dahulu gotong royong lebih bersifat pada kedekatan lingkungan tempat tinggal; sekarang kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk mewujudkan sesuatu dengan semangat gotong royong. Kita tidak harus tinggal berdekatan untuk dapat menyelesaikan sebuah permasalahan sosial.

Gandengtangan merupakan perwujudan gotong royong yang sudah mengakar pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Situasi yang lebih maju saat ini memungkinkan Gandengtangan untuk mempertemukan antara pemilik gagasan dengan orang-orang yang mempunyai kepedulian terhadap hal yang sama; dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan tepat sasaran.

Gandengtangan menyediakan sebuah sarana untuk pemilik gagasan mengemukakan permasalahan yang sedang dicoba untuk diselesaikan. Adanya video, blog post, dan infografis; membantu sebuah project untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas; dan dengan demikian, dapat mendulang dukungan yang dibutuhkan.

Memposisikan diri sebagai ‘jembatan’, project-project yang di-post di Gandengtangan dapat lebih berkembang karena dukungan publik yang berasal dari latar belakang yang beragam. Hal ini sesuai dengan nilai gotong royong dimana sebuah ‘kesulitan hidup’ diemban bersama-sama, sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik. Selain itu, dengan semangat gotong royong, setiap orang yang mendukung sebuah project terikat dalam sebuah persaudaraan yang positif.

That’s why, bergabung sebagai lender juga berarti kamu bergabung dalam sebuah keluarga besar yang ingin mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Yuk, jadi anggota keluarga Gandengtangan dengan cara mendanai project yang kamu sukai di sini. (Prima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *