Agar Buka Bersama Jadi Lebih Berguna Untuk Sesama

sumber gambar: punyasaya.co
sumber gambar: punyasaya.co

(Cara Mudah Membantu Wirausahawan Sosial Sambil Makan Takjil)

Coba lihat grup-grup WhatsApp-mu di minggu-minggu ini, pasti akan ada pesan seperti ini, “Ya ampun kita belum buka bareng nih.” Pesan ajakan untuk buka bersama alias bukber, pasti sering sekali kita baca akhir-akhir ini. Banyak yang suka dengan ajakan itu, tak sedikit pula yang bosan. Pernahkah kita iseng bertanya kira-kira kenapa ada yang bosan atau males datang bukber?
Ternyata salah satu alasan yang mencuat adalah karena banyak yang malas jika hanya makan, ngobrol, dan selesai begitu saja. Banyak yang ingin bisa melakukan sesuatu dari acara bukber, misalnya kegiatan bermanfaat atau hal-hal positif yang berguna bagi orang lain. Tapi, tak jarang ada juga yang malas melakukan kegiatan positif karena tak punya banyak waktu dan repot dengan urusan kantor.
Sebenarnya ada beberapa cara agar bukber tetap ramai dan bisa memiliki manfaat bagi banyak orang. Sambil menikmati takjil saat bukber tak ada salahnya kamu ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

 

Barengi Niat Baikmu dengan Rencana Matang

Tidak hanya grup bukbermu yang punya niat baik untuk sesama, semua orang juga punya niat serupa. Yang membedakan, apakah niat itu diturunkan menjadi rencana yang konkret dan matang? Jika kamu dan grup bukbermu memang niat melakukan kegiatan-kegiatan positif tak ada salahnya untuk membuat rencana yang matang. Jangan takut dulu, rencana ini tak harus terketik rapi layaknya SOP di kantor. Cukup pikirkan tujuan, bentuk, dan cara merealisasikan niat baikmu dan teman-teman. Bukber adalah momen yang pas untuk menyusun rencana kegiatan positifmu.

 

Buat Jadi Kegiatan Rutin

Maksudnya kita harus bikin bukber Puasa Senin dan Kamis gitu? Bukan itu maksudnya! Yang dimaksud kegiatan rutin di sini adalah buat kegiatan positif yang sudah kamu rancang bersama teman-teman bukber jadi acara rutin. Rutinitas adalah cara paling simpel membangun konsistensi. Pasti ada di antara kamu yang bilang, “Repot ah kalau harus rutin ikut kegiatan!” Kegiatan baik itu tidak harus kita lakukan secara offline kok, kecanggihan teknologi bisa saja membantu kita melakukan kegiatan-kegiatan positif. Tidak repot dan bisa dilakukan secara rutin. Contoh kegiatannya apa? Karena ini Bulan Ramadan, sabar dulu dong, baca dulu langkah berikutnya.

 

Saatnya Membantu Secara Online

Sekarang apa-apa bisa dilakukan lewat online. Mulai dari pesan makan, manggil mamang ojek, sampai cari jodoh bisa kita lakukan secara online. Pertanyaannya kemudian, bisa enggak ya mau berkegiatan positif dan punya makna untuk orang banyak secara online? Bisa banget! Bahkan membantu secara online akan jadi lebih simpel, cepat, dan tidak merepotkan. Jadi kamu dan teman-temanmu bisa melakukan kegiatan positif tanpa perlu meninggalkan kantor, kerjaan pun lancar jaya.

 

Tak Sekadar Membantu, Tapi Memberdayakan!

Sebentar sebentar, takjilnya boleh dimakan dulu, nanti dingin lho kolaknya. Kalau sudah mari kita lanjut. Saat bukber kamu bisa ambil inisiatif bahwa rencana melakukan kebaikan jangan hanya berhenti pada bantuan sekali pakai tapi juga harus berdaya bagi orang lain. Bantuan yang memberdayakan akan membuat pihak yang dibantu mandiri. Pertanyaannya adalah gimana caranya? Sabar, sekarang kolang kalingnya dimakan dulu, baru kita lanjut ke langkah selanjutnya!

 

Paket Komplit Kegiatan Positif (Bonus: Tidak Repot!)

Mari kita ulang lagi poin-poin penting agar kamu dan teman bukbermu bisa melakukan kegiatan positif secara konkret. Bantuan yang kita berikan tak sekali pakai alias memberdayakan, tidak merepotkan, bisa dilakukan secara rutin, dan platformnya online agar bisa dilakukan dari kantor. Kalau kamu rasa semua hal itu penting, kamu bisa bergandengan tangan membantu para wirausahawan sosial dengan sistem crowdlending alias pinjaman keroyokan. Kamu dan teman-teman bukbermu bisa memilih inisiatif wirausahawan sosial yang menarik lalu berikan pinjaman agar usaha mereka terus berkelanjutan. Pinjaman yang kamu berikan nanti juga akan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu, jadi uangmu tidak berkurang satu rupiah pun. Plus, kamu bisa melakukannya secara online. Jadi jangan takut kegiatan positifmu terbentur kemacetan lalu lintas.

 

Sekarang coba cek grup whatsapp-mu, kalau ada ajakan bukber saatnya kamu membalas dengan, “Ayo Guys, aku juga punya ide seru nih!” Dengan langkah-langkah di atas bukber kamu bisa lebih bermanfaat untuk wirausahawan sosial di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *