5 Keuntungan Investasi Online Daripada Investasi Konvensional

Investasi menawarkan keuntungan yang terbilang menjanjikan. Lalu, apa kentungan investasi online jika dibandingkan dengan investasi konvensional?


Kini, menabung bukan lagi menjadi satu-satunya pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Pasalnya, suku bunga bank yang terbilang rendah membuat peningkatan nominal tabungan cenderung lebih lama. Sebagai alternatifnya, investasi menjadi cara lain yang dipilih untuk mengembangkan dana yang dimiliki. Namun, Anda tidak boleh gegabah, karena semakin tinggi keuntungan yang diperoleh dari investasi yang dipilih, maka risiko yang mengikuti pun sama tingginya. Begitu pula sebaliknya.

Pada dasarnya, investasi terbagi menjadi dua, yaitu investasi online dan investasi konvensional. Tentunya, keduanya memiliki nilai lebih dan kurangnya masing-masing. Nah, berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih berinvestasi secara online:

1. Lebih Mudah dalam Melakukan Pemantauan

Investasi online dilakukan dengan bantuan teknologi. Artinya, kemajuan teknologi akan semakin memudahkan para investor untuk melakukan pemantauan terhadap investasi yang dilakukannya, mulai dari perubahan harga, pasang surut, dan lain sebagainya. Semua akan lebih mudah didapatkan dengan bantuan internet. Dengan kata lain, investor tetap bisa melakukan pemantauan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu berkunjung ke kantor.

2. Cakupan Investasi Lebih Luas

Keunggulan lain yang akan didapatkan dengan berinvestasi secara online adalah Anda bisa melakukannya dengan siapa saja, bahkan bisa berinvestasi hingga ke luar negeri. Kendala terbesar ketika melakukan investasi konvensional adalah jarak antara investor dan peminjam, dan dengan cara online, proses investasi akan menjadi lebih mudah. Hanya berbekal peranti elektronik dan akses internet, proses investasi sudah bisa dilakukan.

3. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Kini, berinvestasi tak hanya untuk kalangan menengah ke atas. Siapa saja bisa memulai investasi, termasuk mahasiswa. Caranya adalah dengan berinvestasi secara online. Adanya investasi ini tentu membuka peluang bagi para generasi muda untuk belajar dan mencoba langsung untuk memulai berinvestasi. Ada banyak platform yang bisa membantu investor pemula untuk belajar berinvestasi, seperti misalnya GandengTangan.

4. Proses Transaksi Lebih Mudah

Tidak hanya mudah dalam melakukan pemantauan serta cakupan investasi yang lebih luas, dengan investasi online, proses transaksi yang akan dilakukan pun menjadi lebih mudah. Kapan saja Anda ingin melakukan transaksi kepada peminjam, cukup melalui ponsel, laptop, atau tablet dengan bantuan jaringan internet yang mumpuni. Proses transaksi pun jadi lebih cepat dan mudah.

5. Bisa Digunakan untuk Media Simpan Jangka Panjang

Melalui investasi, Anda akan mendapatkan keuntungan yang terbilang menjanjikan, jauh lebih besar dibandingkan dengan menabung. Tidak hanya untuk jangka pendek, investasi juga bisa Anda manfaatkan sebagai media simpan berjangka panjang. Anda bisa memilih jenis investasinya, karena beberapa investasi bisa berfungsi untuk jangka pendek maupun panjang, seperti misalnya emas, P2P, saham, dan reksa dana.

Demikian tadi lima keuntungan utama melakukan investasi online dibandingkan dengan berinvestasi secara konvensional. Tunggu apa lagi, yuk, segera mulai investasikan uang Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *