5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Akan Membuat Kamu Susah Kaya

Kecuali jika kamu adalah miliarder yang tidak peduli lagi dengan ke mana larinya uang yang kamu simpan atau tabung, ada baiknya perhatikan kebiasaanmu sehari-hari. Kamu mungkin sudah menyadari bahwa kebiasaan nongkrong di kafe setiap hari untuk secangkir latte menjadi salah satu sebab pengeluaranmu membengkak. Namun, kebiasaan ngopi mungkin bukan satu-satunya. Cek beberapa perilaku berikut, tampak sepele tapi ternyata membuat kamu jadi boros.

  1. Membiarkan lampu menyala sepanjang hari

  2. Ingat pesan ibu untuk mematikan lampu setiap kali kamu keluar rumah? Baiknya jangan anggap remeh nasihat tersebut karena kamu akan menghabiskan lebih banyak listrik yang membuat tagihan listrik membengkak.

  3. Membuang makanan

  4. Makanan merupakan elemen penting kehidupan yang biasanya menjadi pos pengeluaran paling besar. Coba perhatikan apakah kamu secara teratur membuang sisa makanan? Terlalu lama menyimpan makanan atau sayuran di kulkas sampai busuk? Jika memang demikian, kamu perlu mengatur ulang pola makan. Pastikan semua makanan yang kamu beli habis kamu lahap alih-alih masuk tong sampah.

  5. Membeli kebutuhan per hari bukan bulanan

  6. Kamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang transportasi jika membeli barang-barang kebutuhan secara harian. Selain itu, membeli barang-barang dalam jumlah banyak biasanya akan mendapatkan diskon sehingga membuat kamu bisa sedikit berhemat.

  7. Bepergian dengan kendaraan pribadi padahal kamu bisa berjalan atau naik kendaraan umum

  8. Pergi ke mana-mana dengan kendaraan pribadi jelas akan menambah anggaran transportasi karena kamu harus mengisi bahan bakar mesinnya. Untuk tempat-temap yang dekat, kamu bisa jalan kaki atau bersepeda sekalian berolahraga. Untuk tempat-tempat yang agak jauh, kamu bisa naik kendaraan umum, hitung-hitung untuk mengurangi kemacetan di jalan.

  9. Merokok

  10. Tentu sudah tidak asing lagi mengenai peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru, kanker, gangguan kehamilan dan janin, demikian seterusnya. Namun masih saja banyak orang yang menulikan telinga dan menutup mata demi kepuasan diri semata dengan menghisap rokok. Jika kamu salah satu perokok tersebut, kebiasaan merokok itulah yang juga turut andil dalam membuat kantong jebol sebab harga sebatang rokok tidaklah murah.

Jika di antara lima kebiasaan ini ada yang kamu lakukan, kini saatnya kamu meninggalkannya agar tabunganmu tidak melayang begitu saja.

Oh ya, buat kamu yang ingin melakukan investasi dengan modal kecil bisa coba untuk jadi investor di Gandengtangan, dimulai dari RP50 ribu loh! Yuk ikutan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *