5 Jenis Wirausaha dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Dengan modal kecil, lima jenis wirausaha berikut bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda.

Berwirausaha bisa dijadikan alternatif pekerjaan atau sumber penghasilan tambahan. Jika dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat, wirausaha pun akan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Saat ingin berwirausaha, salah satu langkah utama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis usaha yang akan dijalankan. Lima jenis wirausaha dengan modal kecil berikut bisa menjadi referensi bagi Anda.

1. Menjadi dropshipper toko online
Saat ini, keberadaan toko online sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi dropshipper berbagai produk yang dipasarkan secara online. Dropshipper bisa dikatakan sebagai perpanjangan tangan sebuah toko online. Tugas Anda sebagai dropshipper adalah bekerja sama dengan toko online tertentu dan mempromosikan produk mereka.

Usaha ini bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Jika strategi promosi dilakukan secara maksimal, Anda akan mudah memperoleh keuntungan saat ada pelanggan yang memesan produk. Sebaliknya, kalaupun tidak ada pembeli, Anda tidak akan dirugikan.

2. Menjajal bisnis kuliner
Dunia kuliner dianggap sebagai salah satu jenis bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan menjanjikan. Jenis kuliner yang ditekuni bisa beragam, mulai dari makanan ringan, kue, roti, kuliner internasional, hingga menu makanan berat. Jika produk kuliner yang ditawarkan menarik dan bisnisnya ditekuni dengan baik, pelanggan akan ketagihan untuk membeli produk Anda berkali-kali.

3. Berwirausaha di bidang kreatif
Industri kreatif sedang banyak dikembangkan di Indonesia, bahkan di negara-negara berkembang lainnya. Anda pun bisa ikut mengembangkan wirausaha dengan menekuni bidang ini. Tanpa perlu mengeluarkan modal materi, keahlian dan keterampilan menjadi modal utama yang harus dimiliki dalam wirausaha bidang kreatif.
Beberapa jenis wirausaha kreatif yang bisa dilakukan dengan mengandalkan kemampuan adalah menjadi desainer situs web, desainer grafis, penulis konten, atau penulis buku.

4. Menawarkan berbagai layanan jasa
Selain menawarkan berbagai produk, Anda juga bisa berwirausaha dengan menyediakan layanan jasa. Jenis pelayanan jasa yang ditawarkan bisa apa saja. Beberapa jenis layanan yang banyak diminati meliputi jasa laundry, bimbingan belajar, percetakan dan fotokopi, serta pencucian motor atau mobil. Mengingat tingkat kesibukan masyarakat yang selalu meningkat seiring waktu, wirausaha dalam bidang jasa ini bisa memberikan keuntungan yang relatif besar.

5. Bergabung dengan bisnis waralaba
Usaha waralaba atau franchise memiliki beberapa keuntungan. Pertama, bisnis ini sudah memiliki konsep dan produk yang jelas. Kedua, jika produk franchise yang dipilih sudah dikenal banyak orang, usaha promosi bisa dilakukan dengan lebih ringan. Lalu, keuntungan ketiga, modal yang Anda keluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Bisnis waralaba biasanya menawarkan sejumlah pilihan kerja sama usaha yang bisa disesuaikan dengan kemampuan modal yang dimiliki anggotanya. Dengan begitu, Anda bisa mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar saat memulai wirausaha.

Demikian ulasan singkat mengenai lima jenis wirausaha dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan. Jika ketiadaan modal menjadi suatu hambatan untuk memulai usaha, Anda bisa menjadikan GandengTangan sebagai salah satu solusi. Melalui platform investasi p2p lending ini, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal dari sejumlah investor dengan proses peminjaman dan pengembalian yang mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *