5 Cara Seru Berbuat Kebaikan di Momen Idul Fitri bareng Teman Sekantor 

image-for-post-work-after-ied

 

Bagi banyak orang di Indonesia, Idul Fitri jadi momen terlahir kembali sebagai pribadi yang baru. Nggak cuma baju yang baru, tapi juga semangat untuk berbuat yang terbaik dalam hidup.

Bagi yang ingin terus berbuat kebaikan dalam suasana Idul Fitri ini, kamu bisa mendukung wirausahawan sosial yang tulus membantu sesama lewat crowlending di GandengTangan. Saat ini mereka membutuhkan pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya. Bila kita sendirian yang memberikan pinjaman puluhan juta rupiah tentu nggak bisa terbayang, tetapi bila ditanggung bersama sesuai kesanggupan masing-masing jadi terasa ringan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan momen Idul Fitri ini untuk mengajak teman-teman sekantormu untuk ikut mendukung wirausahawan sosial di GandengTangan. Soal caranya, bisa disesuaikan dengan kultur tempat kerjamu. Ini ada lima bocoran cara seru yang bisa kamu lakukan untuk bikin teman-teman sekantormu kecanduan berbuat baik!

Bukan Sekadar Eksis

Di tengah-tengah padatnya kesibukan kantor, media sosial sering jadi pelarian kita untuk cari tahu hal seru ketika ada waktu istirahat. Nah, ini kesempatan kamu untuk bikin teman-teman sekantormu tahu ada orang-orang keren yang projek crowdlending-nya bisa mereka bantu. Posting cerita-cerita inspiratif dari wirausahawan sosial yang kamu dukung dan tag teman di postingan itu. Ajak juga mereka untuk repost, retweet, regram, atau repath postingan kamu supaya dukungan kalian jadi semakin viral.

Ambil Mikrofon

Jika di kantormu ada acara kumpul karyawan seperti halal bilhalal atau forum diskusi mingguan, manfaatkan ini jadi kesempatan untuk melakukan promosi projek crowdlending dari wirausahawan sosial pilihanmu. Ambil inisiatif untuk menjadi pembicara di sesi sharing sehingga obrolanmu bisa berdampak ke banyak orang sekaligus. Nggak tertutup kemungkinan kalau pak bos dan mbak bos juga lihat lho. Siapa tahu mereka tertarik dan ikut mendukung. Kalaupun nggak, setidaknya mereka tahu karyawannya yang satu ini punya jiwa sosial.

Arisan Kebaikan

Di kantormu ada arisan rutin? Kamu bisa menjadikan momen ini untuk mengajak teman-temanmu menambah sedikit iuran bulanan mereka untuk dikumpulkan. Jika ada 20 orang yang masing-masing menyumbang Rp 5.000, maka bulan itu kalian bisa memberi pinjaman modal Rp 100 ribu. Pinjaman ini bisa kamu salurkan ke wirausahawan sosial yang kalian pilih. Pada bulan depannya, kalian bisa pilih projek crowdlending lain untuk didukung. Nggak terasa dalam setahun ada 12 usaha sosial yang kalian bantu lewat arisan simpel ini!

Pojok Inspirasi

Biasanya di setiap kantor ada satu sudut atau ruangan yang jadi tempat berkumpul yang nyaman dan dilewati setiap orang. Entah karena ada sofa dan televisi atau dekat dengan pantry. Tempat kumpul yang kece ini nggak boleh kita lewatkan buat jadi senjata promosi. Di sini, kamu bisa taruh pamflet cerita inspiratif dari projek crowdlending wirausahawan sosial yang kamu dukung bersama kotak uang transparan untuk memasukkan dukungan. Teman yang awalnya cuma melirik sekilas, lama-lama jadi penasaran dan datang ke kubikelmu untuk cari tahu.

Kompak lewat Patungan

Kamu bisa mengajak teman sekantormu untuk ikut peduli wirausahawan sosial lewat patungan sebagai kelompok atas nama geng kalian. Kalau sendirian mungkin temanmu malas, tapi begitu ramai-ramai jadi seru karena kompak. Kamu juga dapat menyampaikan ide patungan kelompok ini ke bagian SDM kantormu sebagai alternatif bentuk team building. Kalian bisa mengumpulkan uang dengan banyak cara seperti jualan suvenir, bikin kaos bareng, atau entah keseruan apa lagi yang biasa jadi tradisi di kantormu.

Itu tadi lima ide seru yang bisa kamu tiru untuk mengajak teman-teman sekantormu mendukung projek crowdlending wirausahawan sosial di momen Idul Fitri ini. Tanpa perlu beranjak dari kantor, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat mereka ketagihan berbuat baik. Sudah terbayang mau mulai gerilya di kantor dari mana? Segera kunjungi berbagai media GandengTangan seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Website untuk melengkapi perlengkapan tempurmu!

(shally)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *