5 Cara Mudah Berkampanye Di Social Media

Social media sudah terbilang kebutuhan pokok manusia kaum urban pada umumnya. Setiap kamu baru bangun tidur di pagi hari, di perjalanan menuju kantor, saat sedang makan siang, sampai saat dalam perjalanan pulang pasti selalu memantau akun social media (Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain).

Selain tempat untuk mencurahkan isi hati, ternyata social media juga bisa dijadikan tempat untuk mengampanyekan kegiatan social lho! Tapi di antara kamu pasti masih ada yang merasa bingung dengan bagaimana cara mulainya, dan apa yang harus dilakukan agar jangkauan informasi yang kamu sebar menjadi luas.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang harus kamu pahami untuk berkampanye di social media. Yuk simak!

Gunakan bahasa yang sederhana

bahasa-sederhana
Orang-orang akan tertarik dengan projekmu jika kamu menginformasikannya dengan cara yang benar. Bahasa yang digunakan harus sederhana dan di mudah dimengerti.
Contoh:

“Warga Desa A sangat kesulitan dalam mencari pekerjaan saat musim panen telah usai. Itulah yang membuat kami tergerak untuk membuat USAHA X. USAHA X hadir sebagai solusi bagi para warga Desa A dan sekitarnya dengan memberdayakan mereka membuat KERAJINAN Y. Tapi untuk melancarkan usaha ini, kami butuh bantuanmu berupa pinjaman uang yang bisa kamu salurkan di GandengTangan.org dengan pinjaman minimal Rp 50.000.”

Cari waktu yang tepat

tepat-waktu
Untuk mengampanyekan projekmu, kamu harus tahu waktu yang tepat untuk mempublikasikan materi kampanye di social media. Umumnya social media akan ramai pada jam-jam berikut:

– 06.00-08.00
– 12.00-1300
– 18.00-1900
– 20.00-21.00

Update statusmu secara berkala dan sesuaikan dengan waktunya. Contoh waktu di atas bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi social mediamu sendiri.

Gunakan Visual yang Menarik

visual-menarik
Visual yang bagus akan menarik minat seseorang untuk bergabung dengan projekmu. GandengTangan.org memiliki banyak contoh visual yang bisa kamu tunjukkan saat berkampanye seperti video, foto dan artikel.

Minta Tolong Temanmu

minta-tolong
Kamu harus mengumpulkan teman dan membantuk Tim Sukses projekmu. Tujuannya tentu agar informasi beredar luas. Dan jangan lupa jelaskan tentang projekmu dan apa itu GandengTangan agar temanmu bisa berkomunikasi dengan baik di social medianya. Arahkan mereka sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan oleh GandengTangan.

Pastikan Kamu Tahu GandengTangan

gt-logo
Sebelum berkampanye, pastikan kamu paham apa itu GandengTangan, bagaimana sistem dan cara kerjanya. Kamu bisa mencari tahu lebih dalam lagi tentang apa itu GandengTangan di video ini.

Udah kebayang kan gimana cara-caranya? Nah, tips ini bisa kami modifikasi sesuai dengan proyek dan cara berkomunikasi kamu di media sosial. Kamu bisa coba dan evaluasi sesuai dengan kebutuhanmu, yang penting kamu senang dan nyaman melakukannya! Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *