5 Alasan Penting untuk Dukung Komodo Water

Warga menyambut suplai air bersih
Warga menyambut suplai air bersih

Setiap tahun, puluhan ribu turis menyerbu Taman Nasional (TN) Komodo. Sebagai orang Indonesia, kita boleh bangga karena destinasi wisata satu ini bukan hanya terkenal di dalam negeri tapi juga di mata dunia. Selain beramai-ramai melihat reptil purba terbesar di dunia ini, turis bule maupun lokal sering menghabiskan waktu untukdiving di gugusan pulau TN Komodo yang keren itu.

Hanya saja, banyaknya turis nggak langsung bikin warga di sana sejahtera. Kebutuhan dasar seperti air bersih harus disuplai dari Labuan Bajo karena nggak gampang bikin sumur air tanah. Kondisi ini memancing Shana Fatina untuk turun tangan. Traveler perempuan dari Jakarta ini tadinya cuma mau liburan, tetapi dia nggak bisa tinggal diam waktu lihat kelangkaan air bersih di destinasi wisata internasional sekelas Komodo. Dengan dukungan banyak pihak, dia membuat bisnis sosial Komodo Water yang berfokus di penyediaan air bersih di daerah TN Komodo dengan teknologi Reverse Osmosis.

Sekarang, Shana mau memperluas cakupan Komodo Water sampai ke Flores Barat. Masyarakat terpencil di pulau dengan struktur tanah dari batuan keras ini juga kesulitan air bersih. Karena kondisi infrastruktur transportasinya masih parah, jadi butuh truk untuk mendistribusikan air bersih sampai ke desa-desa.

Nah, kenapa kamu perlu dukung Komodo Water? Ini lima alasan penting untuk dukung bisnis sosial keren satu ini.

 

Konsisten sejak 2011

Sampai saat ini, Komodo Water sudah konsisten bekerja selama lebih dari 4 tahun. Ini jadi tanda kalau bisnis sosial ini bisa menjawab urusan kebutuhan air bersih di sana dengan tepat. Nggak jarang kita ketemu kegiatan sosial yang gagal menyelesaikan masalah di lapangan dan jadinya cuma bertahan 1-2 tahun. Selain itu, karena tujuan akhirnya untuk kebaikan bersama, profit pribadi bukan jadi fokus Komodo Water. Keuntungan yang diperoleh terus diputar untuk membuat Komodo Water terus berjalan.

 

Melibatkan warga

Shana belajar dari program pengadaan air lain di Komodo yang sekarang berhenti. Dia melihat, program-program lain biasanya memberikan fasilitas pengadaan air secara cuma-cuma, bahkan airnya diberikan secara gratis. Hal ini bikin warga jadi kurang memiliki dan merawat fasilitas yang diberikan. Sehingga, ketika ada kerusakan pun jadi nggak langsung tergerak untuk berjuang memperbaiki. Di Komodo Water, Shana melibatkan warga secara aktif sehingga usaha ini jadi aset yang dikelola bersama.

 

Hajat hidup orang banyak

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah terkering di Indonesia. Karena itu air jadi kebutuhan primer yang paling sulit dipenuhi di sana. Adanya Komodo Water telah membuat 2.780 keluarga di 8 pulau yang ada di wilayah TN Komodo bisa menikmati air bersih dengan harga yang sangat terjangkau. Mereka sangat bersyukur sekarang nggak perlu lagi naik perahu selama 2 jam ke Labuan Bajo cuma untuk beli air bersih. Masih banyak wilayah NTT lain yang kekurangan air bersih, termasuk Flores. Karena itu Shana mau memperluas jangkauan Komodo Water sampai ke desa-desa terpencil di pulau ini.

 

Ekspansi ke Flores

Seperti halnya TN Komodo, Pulau Flores juga menyimpan banyak tempat keren buat kita jelajahi. Dari barat Flores kita bisa mengunjungi Labuan Bajo, Desa Adat Wae Rebo dan Bena, gereja berumur ratusan tahun di Ruteng, Danau Kelimutu, terus ke Bajawa, pembuangan Bung Karno di Ende, sampai Larantuka di timur. Di sudut lain Flores yang jarang dijelajahi, masih banyak desa-desa terpencil yang nggak punya sumber air bersih. Kondisi alamnya yang berbatu membuat masyarakat di sana sulit mencari sumber air tanah. Mereka membutuhkan akses air bersih seperti yang disediakan Komodo Water di 8 pulau tadi.

 

Motor multifungsi

Kondisi Flores yang berkontur membutuhkan alat transportasi yang bandel dan tangguh. Karena itu, Shana memilih untuk menggunakan motor tiga roda sebagai media distribusi air bersih. Jadi motor inilah yang akan mengantar air dari sumber produksi ke desa-desa yang membutuhkan. Karena masyarakat setempat akan jadi pengelola bersama Komodo Water, pemanfaatan motor ini pun akan diserahkan kepada warga dan bisa mereka pakai untuk keperluan bersama. Misalnya mengantar ibu yang mau melahirkan atau korban kecelakaan ke puskesmas terdekat.

 

***

 

Dari lima alasan di atas, kelihatan kan kalau penting banget buat kita untuk dukung Komodo Water? Shana ajak kita semua untuk bergandengan tangan mendukung projek Komodo Water di Flores. Komodo Water perlu mengumpulkan pinjaman modal sebesar Rp 30 juta untuk membeli motor tiga roda ini. Kamu bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu loh. Ayo lihat gimana caranya sekarang!

(shally)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *