4 Tips Tetap Sehat dan Bugar Setelah Lebaran

Aktivitas yang padat saat hari raya memang rentan bikin daya tahan tubuh menurun. Kalau tak pintar menjaga kesehatan, bisa-bisa kamu jatuh sakit. Padahal libur Lebaran adalah momen paling pas untuk dihabiskan dengan keluarga dan orang terdekat, terutama bagi kamu yang merantau.

Nah, berikut tips yang bisa kamu coba agar tetap sehat dan bugar selama/setelah Lebaran.

1. Menjaga Pola Makan


Saat hari raya biasanya di rumah tersedia banyak makanan yang lezat. Eits, tetap kontrol hasrat makan dan ngemilmu, ya, agar kolesterol dan tekanan darah tetap stabil. Beberapa menu yang disajikan saat Lebaran rentan memicu naiknya kolesterol, salah satunya adalah opor ayam dan sambal goreng ati.

Sirup dan soda merupakan jenis minuman yang paling sering disajikan saat hari raya. Sayangnya, keduanya diketahui mengandung gula dalam kadar yang cukup tinggi. Nah, tahan keinginanmu untuk mengonsumsi minuman semacam ini agar kalori tetap berada dalam batas normal.

2. Olahraga Teratur


Jarang gerak akan membuat tubuhmu mudah pegal-pegal dan rentan terserang virus, sehingga lebih gampang sakit. Sebaiknya tetap lakukan olahraga ketika berada di kampung halaman agar badan tetap segar dan bugar, serta tidak mudah capek. Olahraga tak perlu yang berat-berat, jalan kaki di pagi hari juga cukup.

3. Istirahat Cukup


Umumnya waktu istirahat saat menjelang dan setelah Lebaran berkurang karena dipakai untuk hal lain, misalnya silaturahmi dan ngobrol-ngobrol mumpung ketemu dengan teman/saudara yang sudah lama tak dijumpai. Hal ini tidak salah, namun kamu tetap wajib menempatkan istirahat sebagai prioritas. Usahakan untuk tidur setidaknya 6 jam dalam sehari.

4. Perbanyak Minum Air Putih


Tahukah kamu kalau air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh? Nah, agar tetap fit selama liburan, perbanyaklah minum air putih—sekurang-kurangnya 2,5 liter per hari. Air putih juga dapat membantu meningkatkan konsentrasimu, lho.

Itulah tips bermanfaat agar tetap sehat dan bugar saat/sesudah libur Lebaran yang bisa kamu terapkan nanti. Semoga bermanfaat, ya, dan selamat menyambut hari raya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *