4 Tips Memanfaatkan Uang THR Agar Bermanfaat dan Tepat Guna

Selain ketupat dan opor ayam, Lebaran juga identik dengan THR alias tunjangan hari raya. Biasanya THR berbentuk uang (fresh money), meski ada juga yang memberikannya dalam bentuk bingkisan berisi kue-kue atau benda keperluan Idulfitri yang lain.

Nah, kamu yang tahun ini mendapat tunjangan dalam bentuk uang, berikut ada beberapa tips agar THR-mu lebih bermanfaat dan tepat guna.

  • Prioritas untuk Hari Raya
  • Namanya juga THR, tentu uang ini harus diprioritaskan untuk belanja keperluan hari raya, seperti membeli tiket mudik, baju Lebaran, atau bahkan bagi-bagi angpau ke keluarga di kampung halaman.

    Namun, kamu tetap harus memperhitungkannya sebaik mungkin, ya, agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang. Bila perlu, buat estimasi secara jelas berapa jumlah dana yang kamu alokasikan untuk pos A, B, C, dan sebagainya.

  • Bayar Utang
  • Mumpung punya lebihan uang di luar gaji atau pendapatan bulanan, utamakan untuk melunasi utang agar kamu bisa menjalani hari kemenangan tanpa dibebani pikiran ini itu. Ingat, jangan pernah menunda-nunda untuk melunasi utang. Semakin cepat utangmu lunas tentu akan semakin baik.

  • Bayar Zakat dan Sedekah
  • Sebaiknya, ambil sebagian uang THR untuk melunasi kewajiban membayar zakat, baru selanjutnya kamu boleh belanja keperluan Lebaran lainnya. Agar tidak lupa, lebih baik segera bayarkan zakat begitu tunjanganmu turun. Zakat juga akan membuat hidup dan rezekimu makin berkah, lho. Pun kalau kamu merasa punya dana lebih, tidak ada salahnya menambah jumlah zakat/sedekah.

  • Investasi
  • Selain dibelanjakan untuk membeli berbagai keperluan hari raya, jangan lupa sisihkan jatah THR-mu tahun ini untuk ditabung. Nantinya uang yang diinvestasikan ini bisa dipakai untuk membiayai keperluan yang mendesak. Jauh lebih bermanfaat, kan?

    Tak perlu ragu untuk menabungkan uangmu karena alasan jumlahnya sedikit, sebab sekarang sudah banyak lending platform yang menyediakan layanan investasi modal kecil seperti Gandengtangan.

Itulah tips memanfaatkan uang THR agar berkah dan bermanfaat. Kini, kamu pun bisa merayakan Lebaran dengan lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *