4 Manfaat Investasi P2P Lending Sebagai Investasi Jangka Pendek

Ada banyak jenis investasi jangka pendek yang bisa Anda coba, salah satunya adalah P2P Lending. Berikut manfaat dari investasi P2P Lending.


Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari deposito, saham, properti, hingga emas. Namun, kini ada pula investasi P2P atau peer to peer lending, yang sejak kemunculannya telah menjadi salah satu alternatif investasi jangka pendek yang menawarkan keuntungan menjanjikan. Produk inovasi dari perusahaan berbasis financial technology ini tak hanya menawarkan keuntungan bagi peminjam, investor pun juga dapat merasakan keunggulan dari investasi ini.

Lalu, apa saja manfaat yang akan diperoleh jika memilih P2P Lending sebagai investasi jangka pendek? Berikut beberapa di antaranya:

1. Memiliki Risiko yang Cenderung Rendah

Risiko berbanding lurus dengan ROI atau return of investment. Artinya, semakin tinggi hasil yang Anda inginkan, tentu risiko yang akan menyertai pun sama tingginya. Namun, jenis investasi yang dipilih pun turut menentukan hasilnya. Dibandingkan dengan investasi lainnya, P2P Lending menjadi pilihan investasi jangka pendek dengan risiko yang terbilang lebih rendah ketika peminjam tidak berhasil melunasi atau mengembalikan pinjaman. Meski begitu, akan ada pihak yang bertugas untuk memastikan tidak terjadinya gagal pelunasan.

2. Sifat Kepemilikan yang Lebih Fleksibel

Keuntungan selanjutnya dari P2P Lending adalah sifat kepemilikannya yang lebih fleksibel. Artinya, pemberian pinjaman bisa dilakukan tanpa jangka waktu tertentu. Biasanya, jangka waktu yang diberikan adalah mulai dari 6 bulan, tetapi Anda pun bisa memberikan pinjaman dengan jangka waktu hingga 2 tahun. Tidak hanya itu, sebagai pemberi pinjaman alias investor, Anda pun berhak mengambil kembali dana investasi tadi kapan saja.

3. Pengembalian Sistem Bulanan

Berbeda dengan jenis investasi yang bergerak di bidang keuangan lain dengan pembayaran bunga berjangka, melalui P2P Lending, Anda bisa mendapatkan bunga bulanan, alias dibayarkan setiap bulan. Peminjam akan melunasi pinjaman setiap bulan lengkap dengan bunganya. Ini artinya, Anda tetap akan mendapatkan keuntungan setiap bulan tanpa perlu menunggu atau melakukan pengecekan dividen.

4. Nilai Pengembalian Lebih Tinggi

Terakhir adalah nilai pengembalian yang terbilang lebih tinggi. Melalui investasi P2P Lending, rata-rata suku bunga yang akan Anda dapatkan setiap tahunnya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan investasi melalui deposito maupun reksa dana. Namun, kondisi ini bergantung pada platform pinjaman yang Anda pilih. Salah satu wadah yang direkomendasikan untuk Anda jika ingin berinvestasi P2P Lending adalah GandengTangan.

Nah, itu tadi manfaat investasi P2P Lending sebagai pilihan investasi jangka pendek. Jika Anda tertarik, Anda bisa memanfaatkan GandengTangan sebagai platform untuk memulai investasi ini. Di sini, Anda bisa menjadi investor dan memulai berinvestasi jangka pendek secara online. Bahkan, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk menjadi investor di GandengTangan, karena dengan Rp50.000,00 saja, Anda sudah bisa memulai investasi dan membantu kelancaran usaha mikro di Indonesia. Yuk, berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *