4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

Menghabiskan waktu libur Lebaran di kampung halaman tentu menjadi agenda rutin bagi kamu yang merantau dan tinggal jauh dari keluarga. Mudik tentu butuh perencanaan yang matang, tidak hanya materi, tapi juga mental. Nah, sebagai panduan, berikut daftar hal yang perlu disiapkan sebelum mudik agar perjalanan lancar sampai ke tujuan.

1. Kendaraan


Hal pertama yang wajib diperhatikan saat mudik adalah jenis kendaraan yang akan dipakai. Jika memakai kendaraan pribadi (motor atau mobil), cek secara menyeluruh dan pastikan tidak ada mesin yang rusak.

Sebaliknya, kalau kamu berencana mudik dengan trasnportasi umum (bus, kereta), pastikan tiket sesuai jadwal keberangkatan sudah kamu kantongi. Agar lebih aman, pesanlah sejak jauh hari, ya, sebab makin dekat Lebaran, permintaan tiket mudik akan makin tinggi.

2. Barang Bawaan


Penting buatmu membuat daftar barang apa saja yang akan dibawa saat mudik agar tidak ada yang tertinggal. Selain baju, biasanya benda yang wajib dibawa ke kampung adalah gadget, charger handphone, serta laptop (jika kamu masih harus bekerja menjelang hari raya).

Sesuaikan saja jumlah barang bawaan dengan durasi kamu mudik. Perhatikan juga ukuran bagasi yang disediakan kalau kamu pulang dengan menggunakan transportasi umum. Jangan sampai kamu kerepotan sendiri karena membawa terlalu banyak barang.

3. Kunci Rumah/Kontrakan


Sebelum meninggalkan rumah/kontrakan, pastikan semua jendela dan pintu sudah terkunci dengan baik. Ini penting agar tempat tinggalmu tidak menjadi sasaran perbuatan kriminal. Ingat, biasanya maling menyasar rumah yang ditinggal mudik pemiliknya, lho. Agar tidak kelupaan, kamu bisa menitipkan kunci rumah kepada tetangga sekitar yang menurutmu bisa dipercaya.

4. Fisik dan Mental


Mudik adalah aktivitas yang melelahkan. Hampir bisa dipastikan kamu pasti akan bergelut dengan macetnya jalanan dan ramainya tempat umum. Jadi, penting juga buatmu untuk menyiapkan mental dan fisik sebaik mungkin. Jaga kesehatan dan istirahatlah secukup mungkin agar tubuh tetap bugar selama perjalanan berlangsung.

Itulah tips dan persiapan mudik yang wajib kamu terapkan saat akan pulang ke kampung halaman nanti. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut hari raya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *