3 Investasi Modal Kecil untuk Individu Ini Dapat Anda Coba untuk Menambah Penghasilan

Sering kali Anda ingin mengikuti jejak para pebisnis sukses yang mampu melakukan investasi di mana-mana. Namun, ada ketakutan tersendiri yang menghalangi. Selain karena anggapan bahwa investasi membutuhkan modal besar, takut kehilangan dana yang diinvestasikan pun menjadi alasan utama kekhawatiran tersebut. Alhasil, Anda hanya mampu mengandalkan uang tabungan yang sewaktu-waktu bisa habis terpakai.

Namun, tahukah Anda jika sebenarnya ada investasi yang tidak membutuhkan modal besar dan dapat dilakukan oleh siapa saja? Termasuk Anda yang berpenghasilan terbatas. Apa saja jenis investasi modal kecil tersebut? Mari simak ulasan berikut:

  1. Reksadana

  2. Reksadana merupakan salah satu investasi bermodal minim yang dapat memberi keuntungan besar. Pasalnya, dana yang didapat dari sekumpulan investor kemudian diinvestasikan ke dalam beberapa instrumen investasi yang lebih besar seperti saham, deposito, maupun obligasi. Ada manajer pengelola yang sudah terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang akan memantau dana tersebut.

    Investasi ini sangat cocok bagi pemula yang mempunyai pengetahuan minim mengenai dunia investasi. Anda hanya perlu menjadi investor yang cerdas dalam memilih lembaga penyedia reksadana dan produk yang ditawarkan.

  3. Investasi Emas

  4. Emas merupakan salah satu investasi yang stabil. Nilainya selalu naik dan hampir tidak pernah turun dalam jumlah besar. Bahkan, laju inflasi tidak mampu memengaruhi nilai emas di pasaran.

    Maka, investasi emas batangan sangat cocok bagi Anda yang mempunyai modal kecil. Kelebihannya ada pada harga yang relatif terjangkau dan proses penukaran mudah dan dapat dilakukan sewaktu-waktu ketika membutuhkan dana darurat.

  5. Investasi P2P Lending

  6. P2P (peer to peer) Lending merupakan jaringan pinjaman yang menyambungkan antara pemilik modal dan peminjam tanpa harus bertatap muka. Jaringan ini dapat menjadi pilihan investasi modal kecil selanjutnya.
    Dalam pelaksanaannya, investasi dapat dimulai dengan nilai Rp50.000.00 sehingga tidak terlalu memberatkan bagi Anda yang memiliki penghasilan rata-rata. Keuntungan yang didapat cukup besar dan dapat menjadi tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan.

    Ada banyak perusahaan yang menjadi jasa investasi P2P Lending ini. Salah satunya adalah Gandengtangan. Perusahaan jasa yang bermarkas di Jakarta ini dapat menjadi tempat pilihan untuk berinvestasi.

    Keuntungan yang didapat adalah kebebasan dalam mengalokasikan dana yang dimiliki. Anda dapat memilih sendiri usaha mana yang akan mendapat dana tersebut dan memantau perkembangannya. Dalam satu waktu, Anda dapat menginvestasikan di lebih dari satu pemilik usaha.

Itulah ketiga jenis investasi modal kecil untuk individu yang dapat Anda coba. Sebelum terlambat, mulailah alokasikan penghasilan secara tepat agar keuntungan didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *