3 Alasan Kenapa Kita Harus Bergandengan Tangan Bersama Iyas Lele

Menjelang ‘pesta besar’ ujian nasional SMA, masih ada banyak anak-anak Indonesia yang tidak bisa merasakan indahnya pendidikan lanjut. Salah satunya, mereka yang berdomisili di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Hal ini dikarenakan orang tua mereka, kebanyakan berprofesi sebagai petani atau nelayan, dengan penghasilan yang tidak menentu.

Iyas Lele, awalnya hadir pada tahun 2006, hanya berkutat pada usaha budidaya lele yang dikerjakan secara mandiri. Dua tahun terakhir, Iyas Lele merambah tetangga-tetangga di Desa Banten, untuk membantu mereka memanfaatkan empang dan lahan kurang produktif yang berada di rumah para warga, untuk dijadikan budidaya ikan lele.

Nah, kali ini mereka membutuhkan dukunganmu untuk meningkatkan produktivitas mereka, ini 3 alasan kenapa kamu harus membantu Iyas Lele:

  1. Membantu Warga Memiliki Penghasilan yang Layak

  2. Sebagai ilustrasi, setiap 3 bulan-nya, budidaya ikan lele menghasilkan keuntungan bersih Rp. 5 juta. Jika dibagi dengan kebutuhan biaya hidup selama 3 bulan, maka hal ini akan sangat terbatas. Belum lagi, selama ini para warga hanya mengandalkan hasil kerja sebagai nelayan atau petani yang tidak menentu. Makanya, kalau project Iyas Lele terdanai lewat GandengTangan, mereka akan bisa meningkatkan keuntungan dari budidaya ikan lele, dan tentunya meningkatkan penghasilan juga.

  3. Memberikan Anak-anak Kesempatan untuk Menempuh Pendidikan yang Lebih Tinggi

  4. Kalau penghasilan orang tua meningkat, maka kemungkinan anak-anak mengenyam pendidikan hingga SMP, SMA, atau universitas; akan lebih tinggi pula. Tentu kamu ingin Indonesia memiliki generasi penerus yang cerdas dan berpendidikan, nah ini caramu membantu mewujudkannya.

  5. Menciptakan Desa Mandiri

  6. Sebagaimana bisa kamu baca disini, Iyas Lele bermaksud membeli benih ikan lele, agar bisa membuat pembibitan sendiri. Dengan demikian, kedepannya Iyas Lele dapat memperkuat masyarakat dari segi modal kerja, tidak perlu membeli atau menunggu benih ikan lele dari desa lain. Selain itu, ketika mereka memiliki bahan mentahnya sendiri, maka penghasilan mereka bisa lebih tinggi.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kamu memberi dukungan kepada Aditya Miftahudin, penggagas Iyas Lele, dengan mendanai project-nya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *